HOME » BERITA » GERUSAN ASPAL DARI MOBIL SANG PENJUAL TAHU TERMAHAL DI DUNIA

Gerusan Aspal dari Mobil Sang Penjual Tahu Termahal di Dunia

Selasa, 25 April 2017 17:15

Gerusan Aspal dari Mobil Sang Penjual Tahu Termahal di Dunia
Toyota AE86 (foto: Pinterest)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Decitan yang muncul akibat goresan aspal dan ban yang sedang melakukan drift jadi salah satu ciri termudah untuk dikenali saat Initial D memulai Intronya. Mobil yang dipergunakan memang bukan mobil mewah, apalagi futuristik. Cuma mobil yang berusia 3 dekade lebih setahun.

Bukan yang termahal, bukan yang termewah, namun salah satu yang paling legendaris. Toyota AE86 merupakan salah satu garis tergokil yang pernah dimiliki oleh Toyota dan kemudian dibesarkan serta dipupuk dengan baik reputasinya oleh film Initial D.

Mobil ini kemudian dikenal sebagai salah satu mobil raja drift yang wajib diketahui oleh para petrolheads. Tak mungkin memang memaksa kaum hawa menyukai mobil ini, tapi nyaris setiap penggemar otomotif akan bermimpi untuk memiliki mobil yang satu ini.

Mobil yang dikendarai oleh Miku Fujiwara di anime Initial D sebenarnya bukan yang paling mewah atau ikonik di antara mobil Toyoat lainnya. Mengingat, GT86 yang terbaru dirasakan bisa lebih representatif dengan fitur-fitur yang juga jauh lebih besar dari AE86.

Namun garis sejarah tak bisa dibohongi, pertama kali terbang ke pasar publik pada 1992 mobil ini justru lebih tak tersentuh daripada Honda Civic Estilo yang lahir di tahun yang sama. Mengusung format yang sama, bahkan Civic Estilo punya bentuk yang lebih seksi, namun nampaknya mengalahkan AE86 juga bukan hal yang gampang.

Mobil ini dibentuk dengan mesin berukuran 1600cc, juga bukan yang terbesar di kelasnya meskipun masih lebih besar daripada Estilo-Genio yang bermesin 1200cc. Namun mobil ini dirasa masih akan berjaya bahkan hingga beberapa dekade setelahnya.

AE86 memesona para penggemarnya dengan bentuk yang ikonik. Ala hatchback classic mengotak namun dengan aerodinamika dan downforce yang sangat baik, mobil ini sekalipun tak terlalu bagus untuk urusan akselerasi tapi punya agility dan kelincahan yang dahsyat.

Itulah mengapa mungkin AE86 dimaksudkan untuk menjadi mobil dengan kemampuan drift yang amat baik. Setidaknya hingga tahun 2017 ini, belum ada yang mengeluh mengenai kemampuan drift yang terbatas dari AE86 akibat bobot mobil yang hanya sekitaran 900 kilogram.

Karena idealnya, mobil penggerak roda belakang biasanya akan menyematkan body yang lebih berat plus mesin yang lebih powerful selaras dengan downforce yang memungkinkan untuk membentuk manuver drift yang diharapkan.

Yang belum diketahui mungkin adalah bahwa AE86 merupakan masih keluarga dari Corolla yang pada jaman sekarang lebih aktif menjadi mobil sedan keluarga. Terpisah jauh dengan GT86 yang menahbiskan dirinya jadi kupe sporty ala-ala anak muda yang dinamis.

Selain itu, fakta yang terpampang adalah bahwa AE86 punya beberapa garis keturunan yang bisa saja belum diketahui banyak pihak. AE86 muncul ke permukaan sebagai generasi dari Toyota Corolla Levin dan Toyota Sprinter Trueno yang memiliki headlamps pop up.

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-25
detail

BERITA POPULER