HOME » BERITA » GESEK NOMOR MESIN TOYOTA CBU, CARI TAHU DULU TIPENYA

Gesek Nomor Mesin Toyota CBU, Cari Tahu Dulu Tipenya

Melakukan perpanjangan lima tahunan untuk mobil CBU butuh ekstra sabar untuk menggesek nomor mesin karena letaknya berbeda-beda, bahkan harus melihatnya dari kolong.

Senin, 02 Agustus 2021 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Gesek Nomor Mesin Toyota CBU, Cari Tahu Dulu Tipenya
Toyota Camry Hybrid (toyota.astra.co.id)

OTOSIA.COM - Memiliki mobil CBU memang memberikan kenikmatan tersendiri. Mobil terlihat unik, entah itu mobil Eropa, Jepang, atau region lainnya.

Bicara CBU untuk tipe Toyota, mobil-mobilnya kerap jadi incaran kolektor karena berbagai sebab. Apalagi spesifikasinya tidak melulu atas nama Toyota tetapi juga Lexus.

1 dari 5 Halaman

Namun ada catatan penting manakala mereka yang akhirnya memperoleh Toyota ataupun Lexus buruannya kemudian melakukan perpanjangan lima tahunan untuk kendaraan bermotor termasuk mobil.

Urusan satu ini membutuhkan syarat berupa cetak karbon dari nomor rangka dan mesin. Umumnya, hal ini diistilahkan dengan gesek nomor.

2 dari 5 Halaman

Nomor-nomor tersebut tertera di bodi mobil ataupun di mesinnya. Namun memang harus ekstra sabar untuk urusan nomor mesin.

Sebab, jika nomor untuk gesek rangka mobil biasanya mudah ditemukan di sekitar kap mesin, maka berbeda halnya dengan nomor di mesin.

Bahkan mungkin bisa berjam-jam waktu yang dihabiskan untuk menemukan nomor mesin tersebut. Sebab selain tipenya juga bermacam-macam, letak nomor mesin itu berbeda-beda.

3 dari 5 Halaman

Sebagai informasi, Toyota CBU yang mungkin beredar di Indonesia antara lain adalah Land Cruiser dengan mesin 2UZ-FE, Camry HV (hybrid) mesin 2AZ-FXE, Toyota RAV4 dengan mesin 3S-FE dan 2GR-FE, Toyota FJ Cruiser dengan mesin 1GR-FE.

Termasuk juga mesin legendaris seperti 2JZ-GE dan 3UZ-FE yang dipakai di sejumlah Lexus, antara lain Lexus GS 300, IS 300, dan SC 300 serta Lexus GS 430, LS 430, dan SC 430.

4 dari 5 Halaman

Nomor mesin Land Cruiser dengan mesin 2UZ-FEDi terletak di bagian tengah depan blok mesin, di bawah intake manifold. Nomor untuk Camry HV (hybrid) mesin 2AZ-FXE di kanan belakang blok mesin, di sebelah kanan exhaust manifold.

Adapun nomor Toyota RAV4 dengan mesin 3S-FE ada di bagian belakang blok mesin di atas bell housing, sedangkan tipe 2GR-FE ada di sisi kiri blok mesin, menuju bagian belakang mesin.

5 dari 5 Halaman

Sementara itu jeep yang cukup ikonik dan beredar pula di Indonesia, Toyota FJ Cruiser dengan mesin 1GR-FE, posisi nomor mesin ada di sisi kanan blok mesin, menuju bagian belakang blok.

Untuk tipe legendaris, 2JZ-GE dan 3UZ-FE masing-masing berada di sisi kiri, depan blok mesin dan di depan blok mesin, di bawah intake manifold.

Untuk beberapa mesin memang mesti melihatnya dari kolong sehingga perlu dongkrak ataupun dibawa ke tempat cuci mobil dengan lift, dan beberapa lainnya hanya cukup buka cover mesin.

BERI KOMENTAR