HOME » BERITA » GIIAS 2019: ADA JOK MOBIL RAMAH DIFABEL

GIIAS 2019: Ada Jok Mobil Ramah Difabel

Selain teknologi masa depan, inovasi di bidang otomotif juga diterapkan untuk fitur mobil. Salah satunya adalah fitur untuk penyandang difabel.

Minggu, 21 Juli 2019 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
GIIAS 2019: Ada Jok Mobil Ramah Difabel
Kursi mobil difabel (Otosia.com/Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Inovasi di dunia otomotif tak hanya berkutat seputar teknologi masa depan. Beragam fitur kini juga diciptakan untuk memudahkan para pengguna kendaraan, termasuk kaum difabel.

Sebuah perusahaan yang bergerak di interior mobil mewah, PT Bahana Selaras (Baze) turut menjadi distributor jok yang juga berfungsi sebagai kursi roda.

Tak hanya kaum difabel, jok ini juga dapat digunakan oleh para orang tua dan yang menderita penyakit. Dengan demikian mereka tak perlu berpindah terlalu banyak untuk masuk ke mobil.

1 dari 1 Halaman

Bisa Berfungsi Jadi Kursi Roda

GIIAS 2019: Ada Jok Mobil Ramah DifabelBisa Berfungsi Jadi Kursi Roda

Secara teknis, jok ini dapat terangkat dan keluar dari mobil secara elektrik. Komponen tersebut juga bisa dilepas dan berfungsi sebagai kursi roda.

Hanya saja stok kursi roda canggih ini tak selalu tersedia. Harga yang dipatok pun tak murah, mencapai Rp160 juta dan dapat diubah sesuai keinginan pembeli.

"Karena memang ini kita impor. Jadi harus menunggu sekitar 20 hari kerja," ujar Dava, penanggung jawab Baze di GIIAS 2019.

Namun jok kursi roda ini sekarang hanya bisa digunakan pada mobil berpintu geser atau sliding-door, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan Mercedes-Benz V-Class. Rencananya, jok kursi roda ini juga akan disewakan.

"Rencananya kita akan sewakan wheel cab ini. Untuk tarifnya kita masih belum tentukan," tutupnya.

BERI KOMENTAR