HOME » BERITA » GOKIL, TOYOTA SUPRA DISULAP JADI MOBIL GURUN

Gokil, Toyota Supra Disulap Jadi Mobil Gurun

Seorang pemilik Toyota Supra Mk4 memiliki ide gila dengan mengubah sport car tersebut menjadi mobil gurun.

Jum'at, 29 November 2019 10:45 Editor : Cornelius Candra
Gokil, Toyota Supra Disulap Jadi Mobil Gurun
Toyota Supra Mk4 (Facebook.com/ Ashley Whitney)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyerahan 2 unit Toyota Supra pertama di Indonesia. Salah satunya ialah pebulutangkis ganda putra nasional, Marcus Fernaldi Gideon.

Pada kesempatan tersebut, pasang Kevin Sanjaya Sukamuljo itu menyatakan bahwa ia akan memodofikasi Toyota Supra miliknya. Kemungkinan, arah ubahannya tak jauh dari aura sport car yang dimiliki mobil tersebut.

Namun, pikiran berbeda muncul pada pemilik Toyota Supra Mk4 bernama Ashley Whitney. Melalui akun Facebook pribadinya, ia mengubah sport car ikonik tersebut menjadi sebuah mobil gurun yang siap melibas medan off-road.

1 dari 2 Halaman

Kaki-Kaki Tinggi

Gokil, Toyota Supra Disulap Jadi Mobil GurunKaki-Kaki Tinggi

Pada foto tersebut tampak Toyota Supra Mk4 itu telah dilengkapi dengan velg dan ban berukuran besar, 30 inci di depan dan belakang 32 inci. Jelas suspensinya pun dimodifikasi untuk menciptakan ground clearance yang lebih tinggi.

Suspensi asli Toyota Supra Mk4 itu digantikan oleh air-suspension yang dikawinkan dengan kompresor Airmaxx 580. Perpaduan tersebut dapat mengubah ketinggian mobil ini dalam waktu yang singkat.

Ubahan lain pada mobil ini adalah memperlebar diameter fender serta melengkapinya dengan body cladding berwarna hitam. Komponen tersebut sukses membuat Toyota Supra Mk4 itu menjadi lebih gahar dan bernuansa off-road.

2 dari 2 Halaman

Mesin Turbodiesel

Gokil, Toyota Supra Disulap Jadi Mobil GurunMesin Turbodiesel

Di atap, terpasang roof-rack untuk mengangkut beberapa barang. Pada komponen tersebut juga terdapat 2 LED bar. Tak lupa, sedikit grafis menyerupai api berwarna putih di kap depan.

Hanya saja, mesin legendaris Toyota Supra Mk4 yang berkode 2JZ dipensiunkan. Tugasnya kini digantikan oleh mesin disel 12V Cummins 6-silinder inline turbocharger bertenaga 250 hp dan torsi 840 Nm.

Ashley berencana untuk melakukan beberapa modifikasi di sektor dapur pacu dengan memasang turbocharger, manifold, dan intercooler baru, serta injektor yang lebih besar. Harapannya, tenaganya bisa menjadi 500 hp dengan torsi 1.355 Nm.

BERI KOMENTAR