HOME » BERITA » GONTA-GANTI BBM SAAT MUDIK, PERLUKAH GANTI BUSI?

Gonta-ganti BBM Saat Mudik, Perlukah Ganti Busi?

Selain mengganti oli dan mengecek kaki-kaki kendaraan salah satu komponen lain yang tidak boleh dianggap sepele usai mudik adalah busi, khususnya yang sudah lama belum diganti.

Jum'at, 14 Juni 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Gonta-ganti BBM Saat Mudik, Perlukah Ganti Busi?
Ilustrasi kondisi busi mobil yang harus diganti (Otobots)

OTOSIA.COM - Selain mengganti oli dan mengecek kaki-kaki kendaraan salah satu komponen lain yang tidak boleh dianggap sepele usai mudik adalah busi, khususnya yang sudah lama belum diganti.

Terlebih kendaraan digunakan secara non-stop, macet dan mengisi BBM campur-campur akibat keterbatasan bahan bakar berkualitas saat mudik.

"Busi sangat perlu dicek, terutama kalau kendaraan kita running kontinyu nonstop tanpa berhenti. Kenapa begitu? Kondisi macet atau tidak, busi tetap bekerja sesuai dengan load engine rpm. Semakin gas dibejek busi semakin cepat bekerja," jelas Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano.

BBM yang campur-campur dengan mutu jelek juga memberikan efek pada busi. Apalagi tidak sesuai spesifikasi kendaraan. Karena itu disarankan diperiksa, kalau perlu diganti karena akan memberi pengaruh ke ketahanan busi.

Iya lantas kasih contoh kasus banyak mobil bermesin bensin yang mogok akibat kualitas BBM buruk tahun 2014 silam.

"Inget tidak sekitar tahun 2014 lalu ada kasus hampir semua kendaraan bensin mendadak mati? Kasus ini akhirnya tidak ada titik terang. Itu sebetulnya banyak dipengaruhi kondisi BBM kita yang buruk saat itu. Artinya bensin buruk komposisinya tidak murni dan hubungannya ada di RON bukan master BBM," paparnya.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR