HOME » BERITA » GOWES SEDANG NGETREN, PRODUSEN MOTOR VIAR IKUT 'BERMAIN' SEPEDA

Gowes Sedang Ngetren, Produsen Motor Viar Ikut 'Bermain' Sepeda

Bersepeda yang kini menjadi tren mendorong produsen motor Viar untuk meluncurkan sepeda listrik Uno dan Akasha.

Senin, 03 Agustus 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Gowes Sedang Ngetren, Produsen Motor Viar Ikut 'Bermain' Sepeda
Sepeda listrik Viar, Uno dan Akasha (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Belakangan bersepeda menjadi tren, terlebih setelah adanya pandemi COVID-19. Tidak heran jika banyak jalan raya di kota besar, apalagi saat car free day (CFD), banyak terlihat rombongan pesepeda.

Sepeda yang kini tengah naik daun rupanya tidak luput dari pantuan produsen sepeda motor Viar. Tidak mau kehilangan momentum ini dan ingin memperluas pasar, Viar Motor Indonesia merilis sepeda listrik berlabel Uno dan Akasha.

Sebulumnya Viar sukses memasarkan sepeda motor listrik Q1.

Kedua sepeda listrik kompak ini ditujukan untuk mendukung mobilitas harian, seperti di lokasi perumahan, perkantoran atau sebagai armada pengiriman barang atau makanan.

1 dari 4 Halaman

?Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai industri sepeda motor yang berhasil memasarkan skuter listrik Viar Q1 yang terbukti handal, maka kami dengan percaya diri kini turut menghadirkan produk sepeda listrik yang tentunya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan sepeda listrik sejenis karena mengacu pada standar kualitas sepeda motor Viar,? ujar Frengky Osmond Marketing Communication Viar Motor Indonesia. 

Menurut Frengky, berbeda dengan sepeda listrik lainnya, Akasha memiliki fitur kompartemen lebih banyak. Misalnya, pada bagian depan terdapat keranjang dan poket bagasi dibalik cover depan sehingga memudahkan penggunanya untuk lebih banyak menyimpan barang kemudian ditambah hadirnya fitur alarm sebagai piranti keamanan tambahan.

 

2 dari 4 Halaman

Sementara varian Uno tampil lebih kompak dan sporty. Kedua moda transportasi ramah lingkungan ini sudah dilengkapi dengan piranti lampu keselamatan berupa headlamp dan stop lamp model LED

"Rangkanya dibuat secara modern. Material premiumnya dilapisi teknologi anti karat sehingga memiliki kekuatan dan tahan lama. Selain itu pada bagian kelistrikan, Uno dan Akasha menggunakan waterproof cable socket sehingga aman bila terkena percikan air," paparnya.

Kedua varian baru Viar Motor ini menggunakan motor listrik jenis BLDC berdaya 500 watt untuk tipe Akasha dan menggunakan baterai berkekuatan 48V20Ah. Sementara untuk tipe Uno menggunakan motor listrik jenis BLDC berdaya 350 watt dan menggunakan baterai berkekuatan 48V12Ah.

 

3 dari 4 Halaman

Untuk mempermudah saat melakukan pengisian daya, desain baterai model portable sehingga memungkinkan pengisian daya secara langsung di kendaraan atau battery dilepaskan saat kesulitan mencari catu daya.

"Viar Akasha dapat menempuh jarak hingga 70 kilometer sementara varian Uno dapat menempuh jarak hingga 50 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Kecepatan keduanya dibatasi maksimal hanya 30km/jam," jelas Frengky.

Hanya butuh waktu 4 jam untuk pengisian arus listrik dari kondisi baterai kosong. Pengisian bisa dipantau dari indikator pada baterai atau charger untuk pengisian model portable. Jika pengisian dilakukan secara langsung pada kendaraan, indikator baterai bisa dilihat pada panel speedometer.

 

4 dari 4 Halaman

Kedua sepeda listrik ini menawarkann warna merah dan hitam glossy, dan masing-masing dibanderol dengan harga Rp 5,7 juta untuk tipe Uno dan Rp 7 juta untuk model Akasha. Selain itu, Viar turut menggandeng Adira Finance untuk membantu konsumen yang ingin membeli produk Uno dan Akasha secara kredit.

Viar Motor Indonesia memberikan garansi selama lima tahun untuk rangka, satu tahun meliputi motor dan controller. Sedangkan baterai dan charger dilindungi garansi dalam jangka waktu enam bulan.

?Pelayanan after sales akan dihandle oleh mekanik yang berpengalaman pada standar sepeda motor di jaringan dealer resmi kami," tutup Frengky.

BERI KOMENTAR