HOME » BERITA » HADAPI ALL-NEW YAMAHA NMAX, HONDA PCX CUMA DAPAT WARNA BARU

Hadapi All-New Yamaha NMax, Honda PCX Cuma Dapat Warna Baru

Sementara ini Honda PCX hanya mendapat warna baru untuk bersaing dengan all-new Yamaha NMax.

Rabu, 04 Desember 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Hadapi All-New Yamaha NMax, Honda PCX Cuma Dapat Warna Baru
Honda PCX (Honda)

OTOSIA.COM - Kehadiran all-new Yamaha NMax bisa menjadi ancaman serius bagi Honda PCX. Pasalnya, ada beberapa fitur pada skutik tersebut yang tak dimiliki rivalnya.

Setidaknya, ada 3 fitur pada all-new Yamaha NMax yang tak dimiliki Honda PCX. Teknologi itu ialah Traction Control System (TCS), dan suspensi belakang sub-tank.

Tak hanya itu, instrumen panel all-new Yamaha NMax sekarang dapat terhubung ke smartphone dan bisa menampilkan notifikasi pesan serta telepon. Lokasi kendaraan dan waktu perawatan rutin pun bisa dilihat melalui aplikasi.

Sayangnya, pada penghujung 2019, Honda PCX hanya sekadar mendapat penyegaran di Thailand. Setidaknya, ada 4 warna baru yang ditawarkan, yakni White-Red, Dark Red, Red-Black, dan Blue-Black.

1 dari 2 Halaman

Fitur dan Mesin Masih Sama

Hadapi All-New Yamaha NMax, Honda PCX Cuma Dapat Warna BaruFitur dan Mesin Masih Sama

Artinya, pesaing Yamaha NMax itu masih mengandalkan fitur-fitur lamanya, seperti LED headlight dan taillight, Honda Smart-key, instrumen panel digital, serta sistem pengereman .

Dapur pacunya pun masih dihuni mesin 1-silinder SOHC 150 cc liquid-cooled. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,8 kW dan torsi maksimumnya mencapai 13,2 Nm.

Di Thailand, Honda PCX model 2019 ini dijual dengan harga THB84.400 yang setara dengan Rp39,3 jutaan (Kurs THB1 = Rp465).

Sementara itu, di Indonesia, harga Honda PCX mencapai Rp28,933 juta untuk tipe CBS. Sedangkan Honda PCX ABS dibanderol lebih mahal, tepatnya Rp31,934 juta (OTR Jakarta).

2 dari 2 Halaman

Mesin Baru Honda PCX

Hadapi All-New Yamaha NMax, Honda PCX Cuma Dapat Warna BaruMesin Baru Honda PCX

Namun, sempat berembus kabar bahwa Honda Jepang saat ini tengah mengembangkan mesin 150 cc baru yang lebih bertenaga. Itu tak terlepas dari pesaingnya, Yamaha, yang sudah menyematkan dapur pacu 155 cc berteknologi VVA pada Yamaha Aerox dan Yamaha NMax.

Jumlah valve atau klep pada jantung penggerak baru ini kabarnya akan bertambah, dari 2 menjadi 4. Artinya, mesin ini telah menggunakan sistem DOHC untuk meningkatkan performanya.

Selain itu, ada komponen yang mengontrol klep tersebut. Dengan demikian, akselerasi mesin ini jadi lebih konsisten di putaran bawah, tengah, dan atas.

Diprediksi, mesin DOHC Honda PCX itu akan hadir bersamaan dengan versi facelift-nya. Bisa jadi, model terbaru dari skutik gambot tersebut dirilis pada pertengahan atau akhir 2021 mendatang.

BERI KOMENTAR