HOME » BERITA » HADAPI MOTO2 MUGELLO, RAFID TOPAN GENJOT FISIK

Hadapi Moto2 Mugello, Rafid Topan Genjot Fisik

Kamis, 30 Mei 2013 19:15

Hadapi Moto2 Mugello, Rafid Topan Genjot Fisik
Ilustrasi: Aksi Rafid Topan di ajang Moto2
Editor : Albert

Otosia.com - Menjelang seri kelima Moto2 di Mugello, Italia 2 Juni 2013 mendatang, pembalap kebanggaan Indonesia Rafid Topan Sucipto terus melatih kesiapan fisik. Seri kelima di trek Mugello-Italia merupakan salah satu sirkuit tersulit di MotoGP dan Moto2.

Semua pembalap harus bekerja lebih keras agar dapat fokus dan reaksi lebih tinggi untuk menaklukan sirkuit  lintasan lurus yang panjang dan tikungan yang lebar.

Rafid Topan

“Fisik itu adalah hal yang paling utama dalam balapan. Power besar yang keluar dari motor, butuh durabilitas fisik jika bertarung lebih dari 20 lap. Hal ini jugalah yang mengharuskan seorang pembalap harus lebih matang dari sisi fisik. Lah, kita lihat saja para pembalap papan atas yang tidak pernah terlepas dari sesi latihan (fisik dan skill). Tujuannya tentu agar mereka bisa tambah kompetitif,” urai Dyan Dilato, Manager Rafid Topan Sucipto.

Turun di sirkuit Mugello, dibutuhkan skil dan durabilitas fisik yang prima agar pembalap dapat tampil kompetitif saat lomba sehingga tidak mudah melorot dipertengahan balapan.

Rafid Topan berlatih fisik

Hal ini juga yang sedang dialami oleh pembalap Rafid Topan yang baru memulai debut di ajang balap dunia Moto 2 bersama tim QMMF yang didukung oleh Evalube. Pembalap yang memiliki nomor 97 ini masih membutuhkan adaptasi lebih besar, karena faktor fisiknya belum cukup mendukung untuk tampil kompetitif.

“Nah, sekarang yang sedang ia mantapkan adalah memperbanyak melakukan latihan di gym dan di dirt track atau motocross. Jika ia bisa rutin melakukan hal tersebut disertai dengan mengasah skill dan feeling di track, maka setahap demi setahap pencapaian bisa diperbaiki. Tapi untuk bisa bersaing di lini terdepan, butuh waktu paling enggak 3 tahun untuk bisa bersaing. Lihat aja Marc Marquez yang harus berlaga dari bawah,” papar Dyan.

Rafid Topan berlatih fisik

Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan fisik dan skill Topan dari waktu ke waktu, ia akan tetap berduel dengan rekan setimnya yaitu Anthony West menjalani sesi latihan. Dengan begitu ia bisa membandingkan sampai dimana peningkatan fisiknya memenuhi batas ideal untuk tampil kompetitif.(kpl/nzr/abe)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER