HOME » BERITA » HADAPI RISIKO SERING PULANG MALAM, BIKERS MOGE PELAJARI BELADIRI AIKIDO

Hadapi Risiko Sering Pulang Malam, Bikers Moge Pelajari Beladiri Aikido

Kamis, 26 April 2018 06:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Aikido, salah satu seni bela diri yang berasal dari Jepang yang dikembangkan oleh Morihei Ueshiba, makin diminati oleh penikmat martial art di Indonesia. Kini tidak lagi disukai kalangan terbatas, bikers moge pun kita mulai tertarik mempelajari aikido.

Sensei Kusnanto, SE, CCPS, CATS atau dikenal sebagai Sensei Anto Jangkar berkeinginan melatih para pengendara moge di Indonesia setelah beberapa biker motor besar menyatakan tertarik mengikuti bela diri aikido.

Saya juga bercita-cita ingin mengajarkan Aikido kepada para biker, tutur Sensei Anto yang juga adalah Ketua Forum Motor Besar Indonesia (FMBI). Sensei Anto sendiri juga tercatat sebagai pendiri Aikido Reflow Indonesia.

Menurutnya banyak biker atau pengguna sepeda motor yang masih berkendara malam, sehingga risikonya termasuk tinggi.

Saya tidak bermaksud untuk membuat jadi sok jago, kalau bisa menghindar mengapa mesti dilawan? Namun terkadang ada situasi ketika kita harus menghadapi bahaya sendirian dan tidak bisa mengandalkan orang lain. Apa yang mesti dilakukan? jelas Sensei Anto yang telah membangun Aikido Reflow sejak tahun 2004.

Hingga kini, menurut Anto, sudah lebih dari 30% anggota FMBI mengikuti latihan Aikido. Saat ini FMBI di Jakarta saja sudah memiliki lebih dari 100 orang anggota.

Selain cocok untuk lebih mempersiapkan diri, Aikido juga membangun stamina tubuh dengan melatih pernapasan dan gerakan tubuh. Namun tak hanya itu yang diajarkan di Aikido, melatih pikiran, mengontrol emosi dan menghormati orang, itu diantaranya yang lain, tutupnya.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR