HOME » BERITA » HANYA ADA DI TIPE ABS, BEGINI CARA KERJA EMERGENCY STOP SIGNAL HONDA ADV 150

Hanya Ada di Tipe ABS, Begini Cara Kerja Emergency Stop Signal Honda ADV 150

Bagaimana cara kerja Emergency Stop Signal yang ada di Honda ADV 150 ABS?

Kamis, 22 Agustus 2019 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Hanya Ada di Tipe ABS, Begini Cara Kerja Emergency Stop Signal Honda ADV 150
Honda ADV 150 (Otosia.com/Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Sejak diluncurkan pada GIIAS 2019 lalu boleh dibilang Honda ADV 150 telah menjelma menjadi idola baru di kelas matik 150 cc. Honda pun mendulang angka-angka pemesanan yang tidak sedikit setelah motor ini resmi diperkenalkan.

ADV sendiri merupakan kependekan Advance, bukan Adventure meski sosoknya terlihat seperti matik bergaya petualang yang mirip-mirip dengan sang kakak, Honda X-ADV 750.

Honda ADV 150 hadir dalam dua varian, yakni ADV 150 ABS yang dibanderol Rp36,5 juta dan Honda ADV CBS yang dijual Rp33,5 juta on the road DKI Jakarta.

1 dari 2 Halaman

Perbedaan Fitur

Hanya Ada di Tipe ABS, Begini Cara Kerja Emergency Stop Signal Honda ADV 150Perbedaan Fitur

Salah satu perbedaan fitur yang menarik pada keduanya adalah sistem rem darurat, yakni Emergency Stop Signal (ESS). Sistem peringatan ESS hanya ada pada Honda ADV 150 ABS. Karena ESS bekerja berdasarkan sensor ABS maka dipastikan fitur ini tidak terdapat pada tipe CBS (Combine Brake System).

ESS sendiri merupakan fitur canggih yang berfungsi memberikan peringatan (safety) ke pengendara yang berada di belakang kita saat melakukan pengereman mendadak, agar pengendara di belakang waspada dan segera bersiap untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari tabrakan

??Saat melakukan pengereman mendadak secara otomatis lampu hazard akan bekedip cepat. Kedap-kedipnya sebenarnya lebih cepat dari lampu hazard,? ujar Wariyanto, Instruktur Technical Service Function (TSF) PT Wahana Makmur Sejati, main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang.

2 dari 2 Halaman

Cara Kerja Fitur ESS

Hanya Ada di Tipe ABS, Begini Cara Kerja Emergency Stop Signal Honda ADV 150Cara Kerja Fitur ESS

Lantas bagaimana ESS bekerja? Lampu emergency akan aktif ketika ABS modulator mendeteksi adanya pengereman mendadak, kemudian mengirimkan sinyal emergency (ESS) ke winker relay. Siskuit ESS ditambahkan yang terhubung ke ABS modulator dan winter relay.

??Fungsi ini bekerja berdasarkan kerja ABS. Hanya di model ABS, di tipe CBS tidak ada. Begitu rem mendadak, maka istilahnya lampu waspada langsung aktif untuk pengendara di belakang,? ujarnya

Honda ADV 150 ABS sendiri menggunakan sistem ABS jenis circulating yang terdiri dari sensor kecepatan roda depan, modulator ABS dan indicator ABS.

Fitur ESS bekerja dipengaruhi kecepatan. ESS akan aktif pada kecepatan lebih dari 56 km/jam, dan deselerasi sekitar lebih dari 6 meter per second. ??Makanya dia aktif ketika terjadi penurunan kecepatan secara cepat dan saat pengereman sedang berlangsung,? jelasnya.

ESS akan berhenti bekerja saat deselerasi kurang dari 2,5 meter per second atau terjadi penurunan kecepatan lambat atau perlahan, dan tuas atau pedal rem dilepas.

??Dia harus di kecepatan 56 km per jam, di bawah itu tidak aktif. Tapi jika ABS-nya tidak berfungsi, katakanlah ABS-nya sedang bermasalah, maka kemungkinan ESS juga tidak berfungsi,? tutupnya.

BERI KOMENTAR