HOME » BERITA » HANYA DENGAN DENGARKAN SUARA, APLIKASI INI BISA DETEKSI KERUSAKAN MESIN MOBIL

Hanya dengan Dengarkan Suara, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Kerusakan Mesin Mobil

Mudah dan cepat, ini aplikasi smartphone yang bisa deteksi kerusakan mobil hanya dengan mendengarkan suara mesin

Sabtu, 10 Oktober 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Hanya dengan Dengarkan Suara, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Kerusakan Mesin Mobil
Aplikasi smartphone untuk mendengarkan suara mesin (Autoexpress.co.uk)

OTOSIA.COM - Industri mobil sampai saat ini terus bertumbuh. Fitur-fitur canggih yang bisa terkoneksi dengan ponsel genggam pun dikembangkan. Dan hal itu semakin mempermudah penggunaan mobil saat sehari-hari.

Terbaru, produsen mobil asal Republik Ceko, Skoda baru saja menyelesaikan uji coba aplikasi smartphone yang diberi nama Skoda Sound Analyzer.

1 dari 2 Halaman

Melansir Autoexpress, disebutkan bahwa aplikasi tersebut dikembangkan oleh Skoda sendiri. Fungsinya adalah sebagai alat sederhana untuk mendeteksi kerusakan mobil dengan hanya mendengarkan suara mesin.

Cara kerjanya, Skoda Sound Analyzer akan merekam suara mesin dan kemudian membandingkannya dengan rekaman kontrol yang sehat. Selanjutnya, jika memang ada kerusakan sinyal suara yang ditangkap akan berbeda. Secara otomatis akan muncul saran perbaikan yang perlu dilakukan.

Pihak Skoda sendiri mengklaim bahwa sistem ini memiliki tingkat keakuratan lebih dari 90%. Menariknya, Skoda Sound Analyzer tidak hanya untuk mendeteksi kerusakan di mesin saja, tetapi juga bagian lainnya, seperti sistem kemudi, transmisi, AC, dan bagian-bagian lain yang akan menyusul.

2 dari 2 Halaman

Kepada Aftersales Skoda, Stanislav Pekar pun menjelaskan jika fitur canggih ini merupakan salah satu layanan purna jual digital yang memang telah dipersiapkan. Skoda memang ingin memberikan pengalaman baru bagi pelanggannya.

?Sound Analyzer adalah contoh utama dari peluang baru yang dapat diciptakan digitalisasi di ?KODA, bahkan dalam hal purna jual. Kami akan terus menggunakan teknologi kecerdasan buatan secara konsisten untuk menawarkan layanan yang lebih personal kepada pelanggan kami, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan," jelasnya.

BERI KOMENTAR