HOME » BERITA » DAFTAR HARGA BATU SPLIT BERBAGAI MACAM UKURAN TERUPDATE JULI 2021

Daftar Harga Batu Split Berbagai Macam Ukuran Terupdate Juli 2021

Berikut ini daftar harga batu split terbaru dan termurah 2021

Selasa, 27 Juli 2021 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Daftar Harga Batu Split Berbagai Macam Ukuran Terupdate Juli 2021
Ilustrasi batu split (Facebook/Batu Split Super)

OTOSIA.COM - Dalam proses pembangunan rumah, gedung, atau lainnya, pasti membutuhkan banyak bahan baku. Selain pasir, semen, dan besi, bahan baku yang cukup penting lainnya adalah batu split.

Biasanya batu split digunakan untuk bahan campuran utama pembuatan beton cor yang dipakai untuk pondasi bangunan. Dengan adanya batu split, pondasi menjadi lebih kokoh dan kuat.

Karena peranan penting tersebut, tak heran jika banyak orang yang mencari informasi harga batu split. Perlu diketahui juga, pasaran harga batu split didasarkan atas satuan per karung, kubik, engkel, truk, dan lain sebagainya.

Agar semakin paham dengan fungsi, jenis, dam harga batu split, di bawah ini telah disajikan informasi lengkapnya. Berikut ulasan lengkap harga batu split terupdate 2021 yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 7 Halaman

Mengenal Batu Split

Batu split merupakan jenis batu material bangunan yang didapatkan dengan cara membelah atau memecah batu berukuran besar menjadu ukuran kecil. Masyarakat sendiri mengenal jenis batu ini sebagau batu belah.

Dalam proses membelahkan ada beberapa metode yang dipakai, yakni manual dan mesin. Biasanya batu split didasarkan dari batu kali berukuran besar yang kemudian dipecah-pecah menjadi kecil sesuai ukuran yang diinginkan.

Namun untuk industri yang lebih besar, biasanya menggunakan mesin penghancur batu. Ada beberapa keuntungan memakai mesin untuk memecah batu, di antaranya adalah kualitas terjamin dan ukuran bisa disamakan.

Sementara itu, batu split yang berkualitas adalah yang tidak berpori. Itu menunjukkan bahwa batu ini sangat padat, sehingga tidak ada ruang untuk udara.

Batu split berkualitas juga didasarkan atas kadar lumpurnya yang tak lebih dari 1%. Jika lebih, maka batu split harus dicuci dulu sebelum dipakai untuk campuran bahan bangunan.

Namun pastinya dengan kualitas yang bagus, harga batu split bakal cukup mahal.

2 dari 7 Halaman

Fungsi Batu Split

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, batu split memiliki fungsi utama sebagai campuran cor atau bahan adukan bangunan lainnya. Selain itu, batu split biasanya dicampur dengan bahan bangunan seperti semen dan pasir.

Selain untuk pondasi bangunan, batu split kerap dipakai untuk pengurukan jalan, pembuatan dermaga, bantalan jalan, penutup pipa di dasar laut, serta beton pemecah ombak laut.

Sedangkan alasan pemilihan batu split untuk bahan kontruksi adalah kualitasnya yang kokoh dan tahan lama.

Terkait harga batu split sendiri bervariasi, tergantung kualitas dam ukurannya. Jika mau mencari yang berkualitas, tentu harus menebus harga batu split yang cukup mahal.

3 dari 7 Halaman

Cara Memilih Batu Split

Batu split memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam memilih batu split sebaiknya memerhatikan jenis dan ukuran yang sesuai kebutuhan. Pastinya juga mencari harga batu split yang sesuai dengan kondisi kantong.

Selain itu, cara memilih batu split lainnya adalah mencari yang berkualitas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, batu split berkualitas adalah yang berkarakter solid dan tidak memiliki pori-pori.

Kemudian yang memiliki kadar lumur kurang dari 1%. Jika memang lebih, maka batu split harus dicuci terlebih dahulu. Apabila sudah bersih, baru batu split bisa dipakai untuk campuran bahan bangunan.

4 dari 7 Halaman

Jenis-Jenis Batu Split

Selain mencari informasi harga batu split yang sesuai kantong, mengetahui jenis-jenisnya pun sangat penting. Sehingga bisa menentukan jenis batu split apa yang sesuai kebutuhan.

Berikut ini jenis-jenis batu split.

Batu Split Abu

Jenis pertama adalah batu split abu. Sesuai namanya, batu ini memang memiliki warna keabuan dengan ukutan yang sangat kecil, yakni dari 0 hingga 5 mm.

Batu split jenis ini kerap disebut dengan batu kerikil dengan tekstur halus. Biasanya difungsikan sebagai material pengganti pasir.

Batu Split 3/5

Batu split ini berukuran mulai 30 hingga 50 mm. Dengan ukurannya yang besar, batu split jenis ini kerap dipakai sebagai bahan campuran untuk pembuatan jalan ataupun alas dari bantalan rel kereta api. Alasannya karena dapat meminimalisir getaran saat kereta melintas.

5 dari 7 Halaman

Batu Split 1/2

Batu split 1/2 merupakan jensi batu yang memiliki ukuran sedang mulai 10 hingga 30 mm. Biasanya batu split ini dipakai sebagai material untuk campuran pembuatan cor pada gedung.

Selain itu, batu split 1/2 juga kerap dipakai untuk proyek pembuatan landasan pacu bandara, jembatan, hingga rumah tinggal.

Batu Split Screen

Ada pula variasi batu split yang memiliki ukuran mulai dari 5 hingga 10 mm. Batu split screen dapat digunakan untuk membentuk struktur ataupun alas aspal hingga lapisan ketiga. Ukurannya yang sangat kecil pada jenis batu split ini didapatkan dari proses pembelahan memakai mesin pemecah batu.

Batu Split Gajah

Bukan tanpa alasan dinamakan batu split gajah. Sebab, variasi ini memiliki ukuran yang paling besar dan kerap dipakai untuk memperkuat pondasi pada bangunan yang berada di kawasan pantai.

6 dari 7 Halaman

Batu Split Agregat A

Selain jenis-jenis batu split di atas, ada juga batu split agregat A. Disebut demikian, sebab komposisi batu split ini terdiri atas bahan pasir dan juga batu. Ukuran pasirnya berkisar antara 10 hingga 20 mm, sementara batunya memiliki dua variasi ukuran. Yakni berkisar antara 20 sampai 30mm, serta kelompok ukuran 30 hingga 50mm. Batu split agregat A kebanyakan dipakai untuk bahan melakukan pencecoran, baik untuk tembok maupun bahan campuran beton.

Batu Split Agregat B

Kurang lebih batu split agregat B mirip dengan agregat A. Hanya saja batu split agregat B punya kandungan tanah atau lumpur yang lebih sedikit. Sementara itu ukuran batunya berkisar antara 20 sampai 50mm sesuai kelompoknya. Batu split kategori ini dipakai sebagai bahan untuk perbaikan jalan maupun perkerasan aspal jalanan.

Batu Split Agregat C

Dikenal juga dengan nama batu alas, batu split agregat C lazim dipakai sebagai alas bahan pengurukan tanah. Bahan pembentuk batu di kelompok ini adalah pasir abu, tanah, dan komposisi pembentuk batu lainnya.

Sedangkan bahan pembentuk batu di kelompok ini adalah pasir abu, tanah, dan komposisi pembentuk batu lainnya.

7 dari 7 Halaman

Daftar Harga Batu Split Juli 2021

Setelah mengetahui fungsi dan jenis-jenis batu split, bagi yang mau membangun hunian atau lainnya wajib melek akan informasi harga batu split. Biasanya harga batu split didasarkan atas satuan per karung hingga truk.

Nah, berikut ini daftar harga batu split terupdate Juli 2021.

Jenis

Satuan

Harga

Batu Split kerikil per karung

20 kg

Rp20.000

Batu Split cor per truk

7 m3

Rp1.400.000

Batu Split cor 1 engkel

3 m3

Rp800.000

Batu Split 1x2

6,5 m3

Rp1.500.000

Batu split biasa

1/2 kijang pikap

Rp160.000

Batu split biasa

1 kijang pikap

Rp270.000

Batu Split Kali

5,5 M3

Rp1.550.000

Batu Split Tronton

23 M3

Rp5.000.000

Batu Split 10-20 mm

8 Kubik

Rp1.664.000

Batu Split 1 truck

10 kubik

Rp2.500.000

Batu Split 1/2 Dump Truk

8 m3

Rp 1.567.000

Batu Split Super

6 Kubik

Rp. 1.600.000

Batu Split 5.5 Grade A

M3

Rp. 1.600.000

BERI KOMENTAR