HOME » BERITA » HARGA BEDA TIPIS, MENDING BELI AVANZA BEKAS ATAU CALYA BARU?

Harga Beda Tipis, Mending Beli Avanza Bekas atau Calya Baru?

Selasa, 08 Januari 2019 19:15 Editor : Cornelius Candra
Toyota Calya (Oto.com)

OTOSIA.COM - Meski sama-sama mobil MPV, Toyota Calya dan Avanza tidak berada di segmen yang sama. Toyota Calya menghuni kelas LCGC, sedangkan Avanza berada di sektor mobil LMPV. Perbandingannya sebenarnya sudah jelas, Avanza memiliki spesifikasi yang unggul dari Toyota Calya dan harganya tentu lebih mahal.

Saat ini, Toyota Calya dibanderol mulai Rp138,15 juta sampai Rp Rp155,7 juta. Harganya berselisih sangat jauh dari Toyota Avanza, varian terendahnya saja mencapai Rp191 juta.

Lain cerita kalau kondisi bekas. Avanza bekas dengan kondisi bagus dan tahun muda bisa didapat di rentang Rp 140 - 170 jutaan. Apakah itu jadi pilihan yang lebih baik ketimbang Calya baru? Kami jawab iya. Mengutip dari Oto.com, ada sejumlah alasan Avanza bekas masih lebih baik dari Calya baru.

Pertama dari kualitas. Bukan berarti Calya jelek. Namun ada perbedaan nyata pada kualitas keduanya. Calya yang sengaja dibuat untuk segmen LCGC, harus banyak ditekan sana sini agar harga tak kemahalan. Avanza lebih serius digarap karena tak ada kekang LCGC. Selain itu, reputasi. Avanza, sudah satu dekade dipercaya jadi mobil banyak kalangan. Gelar mobil sejuta umat menempel dengan sendirinya. Dengan itu, suku cadang aftermarket lebih banyak dan mudah dicari.

Dari spesifikasi jelas, mending Avanza bekas. Dalam kondisi masih baik, mesin Avanza punya kapasitas dan tenaga lebih besar. Calya punya mesin 4-silinder 1,2 liter bertenaga 88 PS dan torsi 107,8 Nm. Avanza memakai mesin 1,3 liter dengan daya 96,5 PS dan torsi puncak 120 Nm. Pilihan mesin lain, ada 1,5 liter yang menyemburkan tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

Mengingat keduanya masuk mobil keluarga, dimensi patut diperhitungkan. Avanza punya bodi dan jarak sumbu roda lebih panjang dari Calya. Artinya, kabin Avanza lebih lapang dan nyaman untuk diisi penuh orang. Bagasi juga jauh lebih lapang kala bangku ketiga dilipat. Barang bisa muat lebih banyak saat memakai Avanza.

Estetika desain eksterior Avanza lebih sedap dipandang. Interiornya juga lebih berkualitas dan lebih kedap menahan suara dari luar. Soal fitur memang tak jauh beda. Tapi tetap Avanza lebih unggul dan lengkap. Pada pilihan 1.5, Avanza punya layar sentuh 6,1 inci sebagai pusat komando hiburan. Dukungannya ada DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Sistem penyejuk kabin Avanza sudah double blower. Calya memakai ekhaus yang meneruskan embusan AC depan ke kabin belakang.

Fitur safety keduanya mirip. Ada dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik.

Meski dalam kondisi bekas, terlepas dari pemakai sebelumnya, Avanza jelas lebih layak dibanding Calya. Namun, jika Otolovers ragu-ragu dengan mobil bekas, Calya baru bisa jadi pilihan tepat.

Sumber: Oto.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR