HOME » BERITA » HARGA MOBIL TESLA MODEL 3, REVIEW, DAN SPESIFIKASI LENGKAP JUNI 2021

Harga Mobil Tesla Model 3, Review, dan Spesifikasi Lengkap Juni 2021

Berikut ini spesifikasi lengkap, review, dan harga mobil Tesla Model 3 terbaru 2021

Selasa, 15 Juni 2021 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Harga Mobil Tesla Model 3, Review, dan Spesifikasi Lengkap Juni 2021
Tesla Model 3 (Autoexpress)

OTOSIA.COM - Mobil listrik saat ini tengah menjadi sorotan otomotif dunia, termasuk Indonesia. Salah satu merek yang terdepan di pasar ini adalah Tesla. Brand asal Amerika Serikat ini memiliki beberapa model, salah satu yang telah dirilis di pasar Tanah Air adalah Tesla Model 3.

Tesla Model 3 mengaspal di Indonesia pada 2019 lalu melalui importir umum, Prestige Motorcars. Artinya, Model 3 menjadi kendaraan ramah lingkungan ketiga yang dibawa setelah Model S dan X. Sementara itu,

Hadir di Indonesia, tentu Tesla Model 3 menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya adalah biaya operasional. Mobil listrik ini bahkan bisa terisi full tidak sampai seratus ribu rupiah walau biaya listrik tergantung wilayah.

"Biaya charging di tiap kawasan berbeda-beda, (kisarannya) Rp70.000-Rp100.000 sudah bisa menempuh 400 km. Kalau dibandingkan mobil premium lainnya, jauh (hanya) seperempatnya," kata Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars.

Dengan keunggulan seperti itu, lantas berapa harga mobil Tesla Model 3 terbaru di Indonesia? Berikut ini ulasan lengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 7 Halaman

Eksterior Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Secara desain, mobil listrik Tesla Model 3 tampil kalem. Bahkan desainnya tak mengesankan bahwa Model 3 merupakan mobil canggih atau mobil listrik. Layaknya mobil biasa yang tak banyak sudut.

Bagian depannya pun tampil polos tanpa ventilasi udara. Meski begitu, mobil listrik ini tetap tampil elegan. Desain dari Franz von Holzhausen lebih mengedepankan fungsional dan aerodinamika.

Untuk dimensinya, Tesla Model 3 memiliki panjang 4.694 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.443 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 2.875 mm dan wheelbase 2.880 mm.

2 dari 7 Halaman

Interior Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Untuk interiornya, Tesla Model 3 tapil minimalis dan tampaknya memang disengaja. Tak banyak tombol di area dashboard, semua fungsi difokuskan ke monitor besar yang berada di tengah. Pasalnya berbagai pengaturan diatur melalui layar monitor tersebut.

Harga mobil Tesla Model 3 yang mencapai miliaran memang nyaman, namun kenyamanan tersebut hanya ada di kursi depan. Untuk kursi belakang cukup sempit dan tidak nyaman, sehingga tidak cocok untuk orang dewasa.

Sedangkan fitur penopangnya, mobil listrik ini dilengkapi dengan navigasi, Bluetooth dan konektivitas USB. Sayangnya Model 3 tak dilengkapi radio AM atau radio satelit SiriusXM. Selain itu, sangat disayangkan juga mobil ini tak ditunjang dengan Android Auto atau Apple CarPlay.

Namun Tesla menggantinya dengan radio streaming, Netflix, Youtube, dan sejumlah game petualangan di layar monitor.

3 dari 7 Halaman

Mesin dan Performa Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Dengan harga mobil Tesla Model 3 di atas Rp1 miliar, mobil ini memiliki kemampuan akselerasi dan daya tempuh yang mengesankan. Ada tiga varian dari Model 3 dan ketiganya memiliki performa berbeda. Tipe Standard Range Plus memakai penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara itu, Long Range penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam, dan performance penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Tak hanya itu saja, jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Standard Range Plus misalnya, sanggup menjelajah hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Untuk pengecesannya sendiri, kurang lebih Tesla Model 3 membutuhkan waktu 4 jam. Ada beberapa opsi untuk pengisian dayanya, yakni melalui pengisian cepat alias supercharger, pengisian publik DC, outlet 240 dan 120 volt, serta stasiun pengisian daya di rumah.

4 dari 7 Halaman

Fitur Keselamatan Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Dengan harga mobil Tesla Model 3 mencapai miliaran, jelas fitur keselamatan yang menopang cukup lengkap. Bahkan berdasarkan uji tabrak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Model 3 mencetak skor sempurna, yakni lima bintang. Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) juga telah menobatkan mobil listrik ini sebagai Top Safety Pick+.

Sementara itu, untuk fitur keselamatan standarnya sendiri ditunjang dengan automated emergency braking, lane-departure warning, dan adaptive cruise control.

Meski ditunjang dengan beragam fitur canggih, tapi teknologi autopilot Tesla yang ditanamkan masih menuai polemik. Sebab beberapa kali pengemudi yang menggunakannya malah mengalami kecelakaan.

Namun perlu diketahui juga, teknologi autopilot bakal sangat berguna saat benar-benar sudah sempurna. Sedangkan Tesla sendiri juga terus mengembangkan fitur ini agar semakin lebih baik.

5 dari 7 Halaman

Spesifikasi Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Tesla Model 3 menjadi mobil listrik yang cukup diminati di Indonesia. Beberapa artis top Tanah Air pun diketahui telah memiliki sedan listrik ini, seperti Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Dian Sastro. Lantas seperti apa spesifikasi dari Tesla Model 3 hingga membuat artis-artis tadi kepincut?

Dimensi: 4.694 mm (panjang), 1.850 mm (lebar), 1.443 mm (tinggi), 2.875 mm (jarak sumbu roda)

Motor Listrik:  permanent-magnet synchronous AC, Paket baterai lithium-ion 80.5 kWh

Performa: 221 hp (tenaga), 302 lb-ft (torsi)

Suspensi: Double Wishbone (depan), Multi-Link (belakang)

6 dari 7 Halaman

Harga Mobil Tesla Model 3

(c) Autoexpress

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mobil listrik ini hadir dengan tiga varian dengan harga Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus $38.690 atau Rp551 juta, Long Range $47.690 atau Rp679 juta, dan Performance $57.190 atau Rp815 juta (Kurs $1=Rp14.251).

Sementara itu, melansir dari laman Prestige Motorcars, harga mobil Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus tahun 2020 Rp1,5 miliar.

Jika Otolovers berminat meminang harga mobil Tesla Model 3, bisa langsung mengujungi situs Jual Beli Otosia. Di situs ini, kendaraan listrik tersebut ditawarkan dengan berbagai pilihan warna. Tentu tidak hanya Model 3 saja, ada mobil Tesla lain yang turut ditawarkan. Segera kunjungi situsnya dengan klik tautan berikut ini.

7 dari 7 Halaman

Video Mobil Tesla Model 3

 

 

BERI KOMENTAR