HOME » BERITA » HARGA SEMUA BBM TAHUN DEPAN AKAN TURUN?

Harga Semua BBM Tahun Depan Akan Turun?

Rabu, 23 Desember 2015 16:45

Harga Semua BBM Tahun Depan Akan Turun?
Ilustrasi BBM Turun (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Harga bahan bakar minyak kendaraan bermotor atau BBM dikabarkan akan turun pada tahun depan mulai Januari 2016 atau akhir pekan mendatang. Penurunan harga disebutkan sebesar Rp 200-Rp 500.

Ditanya mengenai kabar ini, Yanuar Budi Hartanto, Commercial Fuel Retail Marketing Manager PT Pertamina (Persero), menyebutkan bahwa Pertamina sebenarnya dalam posisi menunggu kepastian.

"Pihak pertamina masih menunggu dari pemerintah, jadi kalau per hari ini masih belum ada perubahan harga. (Kalau perubahan harganya berapa), perubahan harga bahan bakar sama-sama kita tunggu saja dari pemerintah," ujarnya kepada otosia.com, Rabu (23/12).

Penurunan harga menurut informasi yang beredar cukup beragam sesuai dengan jenis bahan bakar. Penurunan sebesar Rp 200-Rp 300 berlaku antara lain untuk bahan bakar jenis premium. Sementara itu, penurunan bahan bakar hingga Rp 500 berlaku untuk solar.

Penurunan harga mungkin terjadi karena pemerintah saat ini berpatokan pada batas atas dan batas bawah. Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), yang telah diubah dengan Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, pemerintah telah melakukan evaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) yang didasarkan pada perkembangan harga patokan dengan periode 1 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan.

(kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER