HOME » BERITA » HARGA SETARA PAJERO SPORT, SEBERAPA AMAN NISSAN TERRA?

Harga Setara Pajero Sport, Seberapa Aman Nissan Terra?

Kamis, 06 Desember 2018 15:45 Editor : Dini Arining Tyas
Nissan Terra versi Indonesia (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Menjadi SUV andalan Nissan, Terra sudah menjajah pasar beberapa negara di ASEAN, termasuk Indonesia, Filipina, dan Thailand. Kabarnya, SUV ini juga akan menjajakan diri di China tahun depan.

Terra merangsek ke pasar SUV dengan menjadi kompetitor Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Sebandingkah SUV Nissan ini dengan kedua SUV yang lebih dulu populer itu?

Soal keamanannya, Terra sepertinya bisa disebut sebagai SUV yang sangat aman. Sebab, baru-baru ini Terra membuktikan keamanannya melalui uji tabrak ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Hasilnya, Nissan Terra berhasil membawa pulang rating 5-bintang dengan point keseluruhan 83,17. Mobil 7-penumpang ini mengumpulkan poin 44.70 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP).

Sementara untuk kategori Child Occupant Protectin (COP) Terra mengumpulkan skor 20.79 point untuk uji tabrak depan dan samping. Sedangkan untuk uji Safety Assist Technologies (SATs), Terra mendapatkan skor 17.69 poin.

Uji tabrak Nissan Terra (ASEAN NCAP)

Poin kategori teknologi itu didapatkan berkat adanya fitur seatbelt reminder system (SBR) sebagai fitur standar. Sementara fitur lain yang mendukung Terra ada 6 buah airbag untuk standar Thailand, Indonesia, Brunei dan Filipina.

"Selamat untuk Nissan karena membuat mobil yang aman. Ini adalah dampak positif lainnya yang telah dibuat oleh NCAP dan kami berharap akan ada upaya berkelanjutan dari semua produsen untuk memproduksi mobil-mobil yang aman untuk kawasan ASEAN. Ini juga menggembirakan karena Nissan juga berinisiatif memroduksi teknologi keamanan sendiri untuk mencegah tabrakan dengan pengguna lainnya. Ini juga akan menjadi keunggulan Nissan untuk berkompetisi dengan produsen mobil lainnya," jelas MIROS Director-General anda ASEAN NCAP new Chairperson, Siti Zaharah Ishak.

Selain itu, ada juga airbag tirai di sisi samping atas, yang hanya ada untuk Terra versi Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Teknologi electronic stability control (ESC) juga menjadi fitur standar untuk Terra yang beredar di pasar Vietnam dan Filipina pada varian paling tinggi.

Sebagai tambahan, beberapa fitur lainnya seperti blind spot technology, lane departure warning, dan Intelligent Rear View Mirror juga ada. Karena mendapatkan nilai tinggi untuk perlindungan anak, Terra sudah pasti memiliki ISOFIX dan top tether untuk semua varian.

"ASEAN NCAP telah menguji beberapa model SUV di bawah protokol 2017-2020 dan kami bangga bahwa semunya mencapai 5-bintang. Kami menyadari bahwa SUV adalah salah satu model yang populer di kawasan Asia Tenggara karena kemampuan mereka untuk mengangkut lebih banyak penumpang dan membawa lebih banyak barang dibandingkan dengan mobil sedan biasa. Oleh karena itu, membuat mobil SUV yang aman adalah keputusan terbaik untuk produsen kendaraan," papar ASEAN NCAP Secretary-General, Khairil Anwar Abu Kassim.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR