HOME » BERITA » HARGA TESLA BOLAK-BALIK NAIK, CUMA STRATEGI MARKETING?

Harga Tesla Bolak-Balik Naik, Cuma Strategi Marketing?

Dalam satu tahun, Tesla sudah menaikkan tiga kali harga Model 3 dan Model Y. CEO Tesla, Elon Musk pun menjelaskan mengapa pihaknya melakukan hal itu.

Jum'at, 04 Juni 2021 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Harga Tesla Bolak-Balik Naik, Cuma Strategi Marketing?
Tesla Model 3 (Carscoops)

OTOSIA.COM - Meski belum banyak yang memiliki Tesla di Indonesia, tapi mobil listrik pabrikan Amerika Serikat ini menarik perhatia konsumen di Indonesia. Harganya yang terbilang mahal ketika masuk ke pasar Tanah Air membuat hanya kalangan tertentu saja yang baru memiliki mobil listrik ini.

Berbicara soal harga Tesla, pasar internarional rupanya juga turut menyoroti. Apalagi, hanya dalam satu tahun, harga Tesla beberapa kali mengalami kenaikan, khususnya untuk Tesla Model 3 dan Model Y.

1 dari 3 Halaman

Seperti diketahui, dua model mobil tersebut merupakan model populer dari Tesla. Seperti dikutip dari Carbuzz, kenaikan harga Tesla rata-rata sekitar USD 500 atau sekitar Rp 7,1 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.308).

Hal yang disoroti adalah bahwa Tesla tak mengumumkan terlebih dahulu ketikan menaikkan harga. Sehingga hal ini seolah menjadi strategi penjualan Tesla agar konsumen tak berpikir berkali-kali untuk melakukan pembelian.

Apakah benar begitu, ataukah karena tingginya peminat?

2 dari 3 Halaman

(c) Carbuzz

CEO Tesla, Elon Musk pun menanggapi hal ini setelah seorang pengguna Twitter bertanya kepadanya secara langsung melalui cuitannya.

"Kenaikan harga terjadi lantaran harga rantai pasokan utama di sleuruh industri. Bahan baku khususnya," katanya.

 

3 dari 3 Halaman

Musk baru-baru ini juga mengakui bahwa telah mengalami masalah rantai pasokan, tetapi dia memiliki pasokan chip semikonduktor yang stabil. Seperti diketahui, chip semikonduktor saat ini menjadi barang langka.

Sementara itu, Musk tak menyebutkan bahan baku apa saja yang dia maksud. Tapi diketahui, umumnya seperti tembaga, baja, dan aluminium yang belakangan harganya naik.

BERI KOMENTAR