HOME » BERITA » HARLEY-DAVIDSON ANGKAT KAKI DARI INDIA, ADA APA?

Harley-Davidson Angkat Kaki dari India, Ada Apa?

Penjualan yang terus menurun disebut berpotensi besar membuat Harley-Davidson bisa meninggalkan pasar India.

Sabtu, 22 Agustus 2020 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Harley-Davidson Angkat Kaki dari India, Ada Apa?
Harley-Davidson disebut akan hengkang dari India (Cartoq)

OTOSIA.COM - Pada evaluasi kuartal kedua mereka bulan lalu, mereka berencana untuk keluar dari pasar yang volume dan profitabilitasnya tida bagus. Dilansir dari Cartoq, itu merujuk pada India yang tak memiliki penjualan mumpuni, terbkti pada tahun fiskal terakhir.

Harley-Davidson hanya mampu menjual 2.500 unit di India. Meski hingga kini pabrikan sepeda motor asal Amerika Serikat itu belum mengumumkan secara resmi, tapi beberapa hal disebut menguatkan rencana hengkangnya HD dari India.

Salah satunya adalah HD diketahui membuat pengaturan outsourcing di fasilitas mereka di Haryana. Selain itu HD dikabarkan bisa menjual pabrik Bawal di haryana ke perusahaan otomotif lain.

1 dari 1 Halaman

Selain itu, HD juga sudah mengumumkan strategi baru mereka. HD diisebut hanya akan berfokus pada 50 pasar saja. Termasuk Amerika Utara, Eropa dan bagian lain Asia Pasifik.

Jika HD benar-benar angkat kaki dari India, maka HD akan menjadi pabrikan Amerika kedua yang meninggalkan India setelah General Motors.

Sebagai informasi, HD pertama kali masuk ke pasar India pada 2009. Itu berarti sudah hampir lebih dari satu dekade, HD eksis di India. Sayangnya, penjualan motor mereka tidak mendukung. Setiap tahun disebut terus menurun. Selama April hingga Juni 2020, HD hanya bisa menjual 100 unit sepeda motor.

Dengan begitu, India termasuk salah satu pasar internasional mereka dengan performa terburuk. Harga sepeda motor termurah mereka, yakni HD 750 seharga INR 469.000 atau Rp 92,5 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 197).

BERI KOMENTAR