HOME » BERITA » TAK CUMA DI INDONESIA, HARLEY-DAVIDSON JUGA ANGKAT KAKI DARI NEGERI BOLLYWOOD

Tak Cuma di Indonesia, Harley-Davidson Juga Angkat Kaki dari Negeri Bollywood

Harley-Davidson terpaksa hengkang dari India setelah tidak mampu bersaing dengan merek lain soal harga. Harga sepeda motor menjadi hal sensitif di India.

Rabu, 30 September 2020 12:15 Editor : Nazarudin Ray
Tak Cuma di Indonesia, Harley-Davidson Juga Angkat Kaki dari Negeri Bollywood
Salah satu model Harley-Davidson yang dijual di India (India.com)

OTOSIA.COM - Brand motor legendasi asal Amerika Serikat (AS), Harley-Davidson terpaksa harus angkat kaki dari India. Hengkangnya Harley-Davidson dari Negeri Bollywod tidak terlepas dari harga jual yang terlalu tinggi, dan tidak mampu bertahan dari persaingan ketat.

Seperti dilansir Motor1, pendapatan perkapita di India menjadi faktor tidak tepisahkan dari daya beli masyarakatnya terhadap sepeda motor. Harley dinilai tidak punya perhitungan yang matang, terlebih harga produk, seperti sepeda motor menjadi hal yang paling sensitif di India.

Sementara harga yang jauh lebih murah ditawarkan brand lain, terutama merek dalam negeri India. Motor produk dalam negeri dijual dengan harga terjangkau, sehingga membuat Harley-Davidson kesulitan untuk mengembangkan pasarnya di negara dengan populasi sepeda motor terbesar kedua di dunia itu.

1 dari 1 Halaman

Berdasarkan laporan Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Harley Davidson bergegas pergi dari India dan akan menutup pabrik mereka di Bawal. Penutupan pabrik tersebut berimbas pada pemutusan hubungan kerja 70 pegawainya.

Sejak satu dekade lalu, Harley-Davidson tidak dapat menciptakan harga yang kompetitif di India, dimana harga adalah kata kunci yang penting di India. Misalnya tipe Street 750 yang dijual seharga USD 6.370 dinilai terlalu mahal.

Sementara sepeda motor terlaris di India, Hero Splendor, cuma dijual USD 715, sedangkan varian tertingginya hanya dibanderol USD 930 .

Selama 10 tahun, Harley-Davidson melaporkan akumulasi penjualan sebanyak 25.000 unit di India.

BERI KOMENTAR