HOME » BERITA » HATI-HATI, HAL SEDERHANA INI BISA RUSAK DEFOGGER MOBIL

Hati-Hati, Hal Sederhana Ini Bisa Rusak Defogger Mobil

Sabtu, 11 Mei 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilsutrasi (carsizzler)

OTOSIA.COM - Sudah tahu apa itu defogger? Fitur mobil ini ada pada kaca belakang, dalam bentuk garis-garis. Ada yang horizontal ada yang melingkar.

Fitur ini ada untuk membuat kaca mobil tak berembun. jadi, ketika hujan turun dan kaca mobil mulai bermebun, fitur ini bisa diaktifkan. Nah, supaya tak mudah rusak, Otolovers perlu merawatnya.

"Memang tidak perlu penanganan khusus, tapi bagaimanapun juga defogger tetap dibutuhkan karena itu perlu dipastikan bila masih berfungsi dengan baik karena komponen ini juga memiliki masa pakai meski tidak bisa diprediksi," kata Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, yang dikutip dari laman Auto2000.

Ada beberapa hal yang tak disadari bisa memperpendek umur defogger. Mulai dari usia kendaraan, pemakaian yang tidaks esuai, atau memang karena adanya kerusakan karena kontak fisik saat membersihkan kaca belakang.

Misalnya, tak sengaja menekan tombol defogger atau lupa mematikannya kembali yang membuatnya terus bekerja, padahal sudah tak dibutuhkan. Jika dibiarkan terlalu lama, akan membaut defogger rusak.

Bisa juga karena komponen sensitif seperti konektor defogger yang tersenggol saat sedan gmembersihkan kaca bagian belakang. Akibatnya, timah konektor terlepas sehingga membuat fugnsinya tak lagi bisa digunakan.

"Kerusakan lain juga bisa disebabkan saat melakukan pergantian kaca film. Hal itu memang sulit dihindari karena defogger sendiri menempel rapat dengan kaca film, jadi saat kaca film dilepas bisa saja terputus," tandasnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR