HOME » BERITA » HATI-HATI, PAKAI LAMPU HID TERNYATA BAHAYA

Hati-Hati, Pakai Lampu HID Ternyata Bahaya

Sebagai pemilik kendaraan bermotor tentu menginginkan kendaraannya terlihat keren. Berbagai cara dilakukan, termasuk memodifikasinya.

Sabtu, 01 Desember 2018 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi penggunaan lampu HID (xenonlightshid)

OTOSIA.COM - Sebagai pemilik kendaraan bermotor tentu menginginkan kendaraannya terlihat keren. Berbagai cara dilakukan, termasuk memodifikasinya.

Modifikasi ini bisa dilakukan pada semua bagian kendaraan. Termasuk mengganti bentuk lampu supaya kendaraan terlihat lebih garang karena memiliki mata yang tajam.

Tapi, sebelum melakukan penggantian lampu, ada baiknya untuk mencari tahu, lampu yang seperti apa yang aman. Sebab, menurut Divisi Humas Polri, melalui akun instagramnya, pemilik kendaraan tak diperkenankan memodifikasi lampu menggunakan jenis HID.

Aturan penggunaan lampu HID (Instagram/Divisihumaspolri)

HID atau High Idensity Discharge sendiri adalah lampu dengan nyala yang sangat terang seperti sinar matahari. Karena terangnya itu, menurut Divisi Humas Polri, lampu ini bisa membahayakan pengendara maupun kendaraan lain yang ada di depan.

Penggunaan lampu kendaraan ini pun pada dasarnya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 23 dan 24. Dalam peraturan tersebut, telah jelas disebutkan jenis bahkan jarak pemasangan lampu secara detail.

Sehingga jika Otolovers ingin memodifikasi kendaraan, bisa tetap aman. Tanpa harus melanggar aturan atau bahkan menjadi pemicu kejadian yang berbahaya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR