HOME » BERITA » HATI-HATI, SALAH UKURAN ANGIN BAN BISA KORBANKAN VELG

Hati-Hati, Salah Ukuran Angin Ban Bisa Korbankan Velg

Saat datang ke tukang ban untuk isi angin, bukan tidak sedikit si pemilik mobil bingung saat ditanya berapa tekanan angin yang dibutuhkan.

Selasa, 03 Juli 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi/walpapaercave

OTOSIA.COM - Saat datang ke tukang ban untuk isi angin, bukan tidak sedikit si pemilik mobil bingung saat ditanya berapa tekanan angin yang dibutuhkan.

Kalau sudah bingung, jawabannya biasanya 'samakan saja' dengan mobil-mobil pada umumnya. Dalam konteks menyamakan tekanan ban, ukuran yang cukup umum adalah 30-35 psi.

Padahal, tidak setiap ban butuh ukuran sebesar itu, bahkan malah kurang. Artinya, seperti dikatakan teknisi Jakarta Ban, Suroto, ukuran berbeda-beda.

"Ban itu tergantung sih, ada yang bisa sampai 50 psi. Namun biasanya orang pakai ya paling 30 psi," kata dia.

Ukuran 30 psi adalah ukuran normal ban dengan ukuran velg 15 inci, seperti yang terpasang di low MPV. Keterangan mengenai batas tekanan ini tertera di dinding ban.

Yang menjadi soal adalah jika ban tersebut punya profil tipis. Tekanan ban yang mestinya besar malah hanya diisi dengan ukuran umum karena si pemilik kurang paham. Efeknya, velg bisa jadi korban.

"Tergantung profil bannya, kalau misalnya profilnya tipis, ya sebaiknya dibikin keras. Kalau enggak, nanti rusak velgnya," ujarnya.

(kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR