HOME » BERITA » HEAD REST BUKAN SEKADAR SANDARAN KEPALA, INI FUNGSI LAINNYA SAAT KECELAKAAN

Head Rest Bukan Sekadar Sandaran Kepala, Ini Fungsi Lainnya Saat Kecelakaan

Headrest pada kursi mobil memang berfungsi untuk sandaran kepala, sesuai dengan namanya. Namun, komponen ini memiliki fungsi lain sebagai alat keselamatan.

Minggu, 08 Agustus 2021 11:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Head Rest Bukan Sekadar Sandaran Kepala, Ini Fungsi Lainnya Saat Kecelakaan
Bagian headrest jok mobil. (Istimewa)

OTOSIA.COM - Jok mobil erat kaitannya dengan kenyamanan berkendara. Kursi yang nyaman juga akan memengaruhi pada kesenangan berkendara. Sebuah jok terdiri dari tiga bagian, yakni bawah, sandaran dan headrest.

Sesuai namanya, bagian terakir berfungsi sebagai sandaran kepala. Tapi Ternyata head rest tidak cuma untuk sandaran kepala, benda ini merupakan bagian dari alat keselamatan.

Seperti dikutip dari situs auto2000.co.id, headrest berguna sebagai penahan kepala saat terjadi benturan atau tabrakan.

1 dari 2 Halaman

Daya dorong akibat benturan atau tabrakan ke belakang atau whiplash bisa membuat leher cedera apabila jok tidak mempunyai head rest. Hal ini bisa menimbulkan cedera leher yang fatal, bahkan cacat.

Oleh sebab itu meski terlihat kecil, head rest telah dirancang sedemikian rupa supaya bisa menahan beban kepala saat kecelakaan.

2 dari 2 Halaman

Manfaat lain headrest adalah sebagai palu pemecah kaca pada saat kondisi darurat. Namun bukan bagian yang empuk digunakan sebagai palu, melainkan kerangka di bawah headrest yang terbuat dari besi. Apabila headrest dinaikkan penuh, maka alat tersebut bisa dilepas dan kerangkanya bisa diambil.

Agar lebih aman posisi headrest harus benar. Jarak paling ideal adalah dua inci dari belakang kepala, maksimal adalah empat inci.

BERI KOMENTAR