HOME » BERITA » HEBOH, PEMERINTAH AKAN LARANG MOTOR 2 TAK 'NGASPAL' DI PERKOTAAN

Heboh, Pemerintah Akan Larang Motor 2 Tak 'Ngaspal' di Perkotaan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berencana melarang motor 2 tak melintas di perkotaan. Hal itu terlihat dari surat yang beredar di media sosial.

Rabu, 30 Mei 2018 15:14 Editor : Cornelius Candra
Foto: Kawasaki Ninja 150R/ Pinterest.com

OTOSIA.COM - Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan bocornya surat dari pemerintah yang berisi larangan mengenai peredaran motor 2 tak di jalanan perkotaan. Surat ini sebenarnya masih misterius karena tersebar melalui media sosial.

Kabarnya, surat ini resmi dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan jika dilihat dari kop dan format surat. Namun, nomor surat masih belum terisi secara lengkap. Selain itu, anehnya, surat ini telah ditandatangani oleh sekretariat sejak tahun 2012 dan baru mendapat tanda tangan inspektorat tahun 2018.

Setidaknya, ada dua poin penting yang menjelaskan bahwa sepeda motor 2 tak dilarang untuk melintas di perkotaan. Pada poin tiga tertulis bahwa hal ini bukanlah wacana mengingat pabrikan motor di Indonesia telah berhenti memproduksi motor dengan oli sampung tersebut.

Secara bertahap, penggunaan motor 2 tak di perkotaan akan dibatasi yang berujung pada pelarangan. Nantinya, motor 2 tak hanya boleh melintas di jalan desa terkait dengan polusi udara yang ditimbulkan.

Sedangkan pada poin empat dijelaskan bahwa akan ada sosialisasi, pemberitahuan dan teguran kepada pengendara motor 2 tak di perkotaan. Tak tanggung-tanggung, penilangan pun akan dilakukan untuk mencapai Indonesia yang terbebas dari polusi udara.

Sampai berita ini diturunkan, masih belum ada penjelasan resmi terkait surat tersebut, baik dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun dari pihak kepolisian.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR