HOME » BERITA » HEBOH PEMISAHAN TEMPAT PARKIR DI RSUD KOTA DEPOK, BUAT APA SIH?

Heboh Pemisahan Tempat Parkir di RSUD Kota Depok, Buat Apa Sih?

Kebijakan pemisahan tempat parkir di RSUD Kota Depok rupanya sudah lama diterapkan. Tapi kebijakan yang sudah berjalan 2 tahun itu kini masih menuai kontroversi.

Rabu, 10 Juli 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Heboh Pemisahan Tempat Parkir di RSUD Kota Depok, Buat Apa Sih?
Ladies Parking RSUD Kota Depok (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Belakangan isu gender terus dibahas. Apalagi ditambah dengan adanya pemisahan temapat parkir antara perempuanda laki-laki. Rasanya publik makin asyik membicarakan hal ini.

Kebijakan pemisahan tempat parkir itu dilakukan di RSUD Kota Depok. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, penyediaan lahan parkir khusus untuk pengemudi perempuan bertujuan memberikan kemudahan akses. DI RSUD Kota Depok, kebijakan ini sudah diterapkan sejak 2017.

"Ini sudah lama kami jalani. Kami ini merespon kebutuhan perempuan di dalam memberikan akses parkir. Sebenarnya tidak hanya perempuan, tapi juga difabel, dan lansia," ujar Dadang, dikutip dari Merdeka.com.

1 dari 3 Halaman

Tak Hanya di RSUD Kota Depok

Heboh Pemisahan Tempat Parkir di RSUD Kota Depok, Buat Apa Sih?Tak Hanya di RSUD Kota Depok

Lanjut Dadang, parkiran khusus perempuan tak hanya diterapkan di RSUD Kota Depok. Tapi juga sudah ada di beberapa gedung pemerintahan dan pusat perbelanjaan.

"Margocity, Depok Town Square dengan kesadarannya menyediakan lahan parkir untuk perempuan," ucap dia.

Dadang bingung kebijakan ini dipersoalkan. Namun, dia tak ambil pusing.

"Ini kan bukan sesuatu yang aneh. Tapi hak semua warga menilai. Tujuan kami baik dalam rangka memberikan kemudahan parir. Tidak hanya di Depok tapi seluruh Indonesia," jelasnya.

Lalu, seperti apakah parkir khusus perempuan di RSUD Kota Depok?

2 dari 3 Halaman

Intip Lokasi Parkirnya

Heboh Pemisahan Tempat Parkir di RSUD Kota Depok, Buat Apa Sih?Intip Lokasi Parkirnya

Jika kamu perempuan dan sedang ada urusan di RSUD Kota Depok, kamu akan bertemu dengan petugas berseragam Dinas Perhubungan yang berdiri di depan pintu masuk parkir RSUD Kota Depok.

Petugas bernama Choirul itu bakal memeriksa setiap pengendara yang hendak parkir. Jika yang parkir adalah perempuan, maka dia akan mengarahkan ke arah kiri parkiran.

Di tempatparkir terpasang spanduk berwarna pink dengan tulisan 'Parkir Perempuan' atau 'Ladies parking'. Lahan itu disediakan khusus oleh Dinas Perhubungan Kota Depok untuk pengemudi perempuan.

3 dari 3 Halaman

Tanggapan Publik

Heboh Pemisahan Tempat Parkir di RSUD Kota Depok, Buat Apa Sih?Tanggapan Publik

Soal pemisahan parkir ini menuai berbagai macam tanggapan dari publik. Salah satunya Mardiah (25). Dia sangat mendukung kebijakan pemissahan parkir antara perempuan dan lelaki.

"Bagus dong," ucapnya ditemui di RSUD Kota Depok, Rabu (10/7/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Marwan (50). Dia menilai kebijakan ini bisa meminimalisir tindak kejahatan.

"Ini kebijakan yang positif. Kita harus dukung," ujarnya.

Tapi tanggapan berbeda datang dari perempuan muda, Irma (21) yang tak setuju dengan adanya kebijakan ini. Menurutnya, parkir menjadi urusan pribadi.

"Sama saja. mau parkir di mana saja yang penting tukangnya rajin," katanya.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR