HOME » BERITA » HINDARI INI AGAR BUSI TETAP AWET

Hindari Ini Agar Busi Tetap Awet

Agar kualitas busi terjaga dengan baik, merawatnya memerlukan perhatian khusus. Sebab, bahan bakar dan cairan pembersih dapat mempengaruhi busi

Senin, 23 Maret 2020 17:15 Editor : Nazarudin Ray
Hindari Ini Agar Busi Tetap Awet
Ilustrasi busi (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sebagai peranti pemantik api di sistem pembakaran kendaraan, kualitas busi mesti tetap terjaga dengan baik, sehingga pembakaran tetap sempurna. Nah, kalau mau busi tetap awet, hindari beberapa hal ini.

Untuk mendapatkan hasil ruang bakar yang bersih pada kendaraan, busi perlu didukung oleh bahan bakar terbaik. Bahan bakar yang bagus akan menghasilkan pembakar yang sempurna sehingga kendaraan pun makin ngacir.

Pada prinsipnya, bahan bakar yang tidak gampang habis terbakar maka potensi kerak dari residu semakin membesar. Adanya kerak karbon yang menumpuk bisa dilihat pada kepala busi. Bahan bakar yang buruk akan cepat menghasilkan tumpukan kerak karbon. Sebaliknya, bahan bakar bagus meminimalisir penumpukan kerak tersebut.

1 dari 1 Halaman

?Silahkan saja bandingkan kendaraan yang menggunakan premium dengan pertalite atau pertamax. Disitu bisa dilihat mana kendaraan mana yang sering ganti dan sering diselimuti kerak karbon,? terang Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia.

Lebih lanjut Diko menyarankan untuk selalu merawat busi dengan mengecek dan membersihkannya dengan cairan yang tidak mengandung korosif. ?Disarankan sih bersihin pakai cairan pembersih kampas rem saja,? wanti Diko.

Diko juga mewanti-wanti untuk menjaga busi terkontaminasi dengan liquid atau cairan apapun. ?Konsekuensi kontaminasi liquid di busi bisa mempengaruhi performa. Cairan juga bisa menyebabkan karat di kemudian hari karena ada material yang terpapar. Kalo udah karat, begitu terpasang di cylinder head akan sulit ngelepasnya,? tukas Diko.

 

 

BERI KOMENTAR