HOME » BERITA » HINDARI SEMPROTAN UNTUK GANTI OLI, BAGAIMANA KALAU PAKAI FILTER?

Hindari Semprotan untuk Ganti Oli, Bagaimana Kalau Pakai Filter?

Semprotan pompa angin untuk mengganti oli masih digunakan di sejumlah bengkel. Di sisi lain, ada juga yang enggan menggunakannya.

Rabu, 14 Maret 2018 22:45 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Otosia.com

OTOSIA.COM - Semprotan pompa angin untuk mengganti oli masih digunakan di sejumlah bengkel. Di sisi lain, ada juga yang enggan menggunakannya.

Sebuah bengkel perawatan seputar oli di Jakarta Barat mengakui bahwa belakangan konsumennya mulai enggan memakai semprotan pompa. Alasannya karena bisa mengeringkan bagian dalam mesin.

"Ada yang engga mau pakai semprotan angin karena takutnya bagian mesin malah jadi kering," kata si mekanik.

Beberapa waktu sebelumnya, Otosia juga pernah membahas penggunaan mesin pompa angin untuk ganti oli.

Berbeda dengan alasan kalau semprotan angin bikin bagian mesin kering, alasan lainnya adalah pompa justru memasukkan air lewat embun.

"Kami sudah tidak pakai pompa angin untuk ganti oli karena kan pompa kalau pakai itu terisi embun. Kalau itu tersemprot masuk ke mesin, bisa bahaya," kata mekanik di bengkel berbeda, sama-sama di Jakarta Barat.

Namun, di sisi lain, ada yang tetap mengaplikasikan pompa angin, tetapi dengan filter. Fungsi filter itu sendiri tidak lain untuk menampung uap air agar tidak masuk ke dalam mesin. Nah, pilihannya mungkin kembali ke konsumen.

(kpl/why/fdk)

BERI KOMENTAR