HOME » BERITA » HITAMKAN BODY MOTOR PAKAI MINYAK GORENG, MITOS ATAU FAKTA?

Hitamkan Body Motor Pakai Minyak Goreng, Mitos atau Fakta?

Ternyata minyak goreng bisa menghitamkan body motor yang kusam, tapi tidak sepenuhnya benar.

Selasa, 28 Juli 2020 09:15 Editor : Cornelius Candra
Hitamkan Body Motor Pakai Minyak Goreng, Mitos atau Fakta?
Tutup tangki Honda ADV 150 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - DIY (Do It Yourself) atau mengerjakan berbagai hal secara mandiri saat ini tengah menjadi tren, termasuk di dunia otomotif. Metode tersebut dianggap lebih mudah karena dapat dikerjakan di rumah, dan tentu menghemat biaya.

Salah satu DIY yang terkenal ialah menghitamkan body motor yang sudah kusam. Banyak beredar video di media sosial yang menyebut bahwa caranya adalah menggunakan minyak goreng.

Rupanya, menghitamkan body motor memakai minyak goreng bukanlah mitos belaka. Beberapa video menampilkan hasil yang memuaskan, bahkan warna hitamnya nyaris menyerupai baru.

Tapi, ternyata ini adalah cara yang kurang tepat. Memang minyak goreng bisa kembali menghitamkan motor, namun warnanya tidak bertahan lama.

1 dari 1 Halaman

"Sebenarnya bukan mitos. Minyak memang bisa (menghitamkan body motor), tapi ini tidak terlalu awet. Beberapa hari sudah hilang dan tentu semakin merepotkan pemilik motor," terang Dzahaby Razan, CEO Kilap Premium.

Selain itu, pria yang akrab disapa Habby itu menyebut bahwa minyak hanya menghitamkan bagian permukaan, tidak menyerap ke plastik. Setelah terkena noda dan air tentu akan luntur secara perlahan dan body motor kembali kusam.

"Minyak juga tidak bisa mengering, tentu cepat pudar. Tujuan minyak goreng dibuat kan sebenarnya memang peruntukannya bukan menghitamkan body motor. Jadi bahannya belum tentu aman untuk cat motor," tambahnya.

"Hasil akhir dari penggunaan minyak goreng juga berbeda seperti cat atau pun cairan yang peruntukannya memang untuk menghitamkan motor. Ya, tampilannya jadi berminyak, bukan hitam plastik pada umumnya," tutup Habby.

BERI KOMENTAR