HOME » BERITA » HARGA JUAL XENIA SEKEN STABIL, SEBERAPA BESAR DEPRESIASINYA?

Harga Jual Xenia Seken Stabil, Seberapa Besar Depresiasinya?

Ada sejumlah aspek yang membuat harga jual Xenia tetap stabil. Mobil88 membeberkan depresiasi Xenia hanya...

Selasa, 19 Januari 2021 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Harga Jual Xenia Seken Stabil, Seberapa Besar Depresiasinya?
Ilustrasi Daihatsu Xenia baru (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Terpikir untuk meminang Xenia bekas ataupun sudah memilikinya dan berniat untuk menjualnya?

Xenia sendiri merupakan MPV sejuta umat yang karena sejumlah aspek membuatnya banyak dilirik. Di antaranya karena ia merupakan brand Daihatsu yang memiliki banyak dukungan aftersales service.

Depresiasi harga cenderung stabil setidaknya sampai di kisaran usia lima tahun.

1 dari 3 Halaman

Menurut Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88, harga jual mobil bekas Xenia terdepresiasi sekitar 8 persen di tahun kedua.

"Misalnya untuk Xenia 2018 secara umum kan sudah tiga tahun umurnya. Depresasinya sekitar 23 persen. Itu kira-kira. Jadi tahun kedua itu sekitar 8 persen, tahun ketiga 7 persen. Tahun berikutnya sekitar 5 persen," urainya.

Dengan perkiraan acuan tersebut sebagai perhitungan rata-rata, maka mereka yang memiliki Xenia di kisaran usia lima tahun atau mencari harga kisaran unit bekasnya bisa mempertimbangkan rumus tersebut.

 

2 dari 3 Halaman

Menurut Fischer, berdasarkan perhitungan di atas, maka nilai jual Xenia bekas di usia lima tahun setara 60 persen dari harga barunya.

"Kalau mobil tahun 2015 bisa dihitung (depresiasi) sekitar 40 persen. Berarti nilai jualnya masih 60 persen dari harga barunya," kata dia.

Secara general, Daihatsu merupakan salah satu mobil yang paling cepat laku, termasuk di gerai besar semacam Mobil88.

 

3 dari 3 Halaman

Tercatat rasio perputaran mobil merek Daihatsu di showroom Mobil88 kurang dari 1 bulan. Dalam kisaran 2-3 minggu saja, mobil-mobil Daihatsu sudah bisa terjual kembali setelah diakuisisi.

Harga spare part relatif murah dan juga perawatannya merupakan dua dari sekian faktor mengapa Daihatsu bekas diminati, termasuk juga untuk Xenia.

BERI KOMENTAR