HOME » BERITA » HOAKS, PPKM DARURAT BAKAL DIPERPANJANG HINGGA TAHUN BARU

Hoaks, PPKM Darurat Bakal Diperpanjang hingga Tahun Baru

Informasi terkait PPKM Darurat diperpanjang hingga tahun baru adalah hoaks

Selasa, 13 Juli 2021 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Hoaks, PPKM Darurat Bakal Diperpanjang hingga Tahun Baru
Kanalisasi PPKM Darurat di Lenteng Agung. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

OTOSIA.COM - Informasi terkait diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hngga tahun baru atau 2022 beredar di media sosial Facebook. Kabar ini sontak membuat netizen heboh.

"ppKM darurat diperpanjang saMpek tahun baru gays ... Mateh laa mateh."

1 dari 4 Halaman

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, melansir dari Kompas.com Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19, Hery Triyatno menyatakan apa yang tertulis dalam Facebook Raden Sanjaya itu tidak benar.

"Sejauh ini untuk (PPKM Darurat) Jawa-Bali berlaku sampai 20 Juli. Kami sedang bekerja keras untuk mengurangi mobilitas sehingga penularan bisa ditekan," kata Hery saat dihubungi Senin (12/7/2021).

2 dari 4 Halaman

Hery menjelaskan, ada sejumlah indikator yang harus dilihat sebelum keputusan untuk menghentikan atau memperpanjang kebijakan PPKM Darurat diambil. Hery menyebutkan setidaknya ada 3 indikator utama. Indikator utamanya penularan hariannya turun, di samping ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

"Yang jauh lebih penting adalah terselesaikannya masalah di hulu, yakni perubahan perilaku masyarakat dalam menjalankan prokes," jelas dia.

Apabila ketiga hal itu tidak tercapai, maka penanganan pandemi sulit dilakukan dan kebijakan pembatasan mungkin saja akan diperpanjang atau dievaluasi untuk diperbaiki dengan bentuk kebijakan yang lain.

Karena itu pihaknya menegaskan, belum ada keputusan yang diambil oleh Pemerintah maupun badan terkait berkenaan dengan PPKM Darurat Jawa-Bali. "Betul (itu hoaks), (belum ada keputusan lebih lanjut) makanya semua pihak harus terlibat (dalam upaya menekan kasus)," katanya.

3 dari 4 Halaman

Sementara itu, dalam artikel merdeka.com, pemerintah Jokowi menyiapkan skenario untuk memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mencapai 4-6 minggu. Hal ini dilakukan mengingat adanya risiko pandemi Covid-19 yang masih tinggi, khususnya varian baru atau delta.

"PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan," tulis bahan paparan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja Bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin (12/7).

Oleh karena itu, APBN akan diperkuat untuk merespons dampak negatif peningkatan kasus Covid-19 kepada perekonomian dan diperlukan akselerasi vaksinasi, efektivitas PPKM Darurat, dan kesiapan sistem kesehatan, baik itu fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

4 dari 4 Halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tersebut, informasi terkait PPKM Darurat akan diperpanjang hingg tahun baru adalah tidak benar alias hoaks. Sejauh ini pemerintah belum memutuskan apapun terkait masa berlaku PPKM Darurat.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/12/183000265/-hoaks-ppkm-darurat-diperpanjang-hingga-tahun-baru?nomgid=1&page=all#page2

https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-jokowi-siapkan-skenario-perpanjang-ppkm-darurat-hingga-6-minggu.html?page=1

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR