HOME » BERITA » HONDA BENAR-BENAR SUNTIK MATI BRIO DI INDIA

Honda Benar-Benar Suntik Mati Brio di India

November 2018 lalu, Honda dikabarkan akan menyuntik mati Brio di India. Kabar itu bukan isapan jempol belaka ternyata.

Senin, 11 Februari 2019 09:15 Editor : Sidiq
Honda Brio versi India (Rushlane)

OTOSIA.COM - November 2018 lalu, Honda dikabarkan akan menyuntik mati Brio di India. Kabar itu bukan isapan jempol belaka ternyata.

Melansir Rushlane, kabar berakhirnya sepak terjang Brio di India sudah terkonfirmasi. Bahkan, pabrikan Jepang itu disebut tak memiliki rencana untuk memboyong generasi kedua Brio, seperti di pasar Indonesia dan Thailand.

"Mobil entry level kami saat ini Amaza. Kami memberhentikan produksi Brio dan sekarang kami juga tak tertarik utnuk membawa generasi Brio ke India," ujar Senior VP Director (Sales and Marketing) Honda India, Rajesh Goel.

Sebelumnya, Honda Brio yang mengisi segemen entry level Honda untuk pasar India sejak 2011. Mengusung mesin bensin 1.2L, Brio pernah menjadi harapan Honda untuk menumbuhkan penjualan hatchback entry level.

Pesaing Brio, Suzuki Swift berhasil mencatatkan penjualan rata-rata 15.000 hingga 20.000 unit per bulan. Tapi, Brio tak pernah bisa mencapai angka tersebut. Penjualan terendah Brio terjadi pada dua tahun terakhir.

Hal itu disebut bukan karena permintaan di kelas Brio yang turun. Buktinya, Suzuki Swift, Hyundai Grand i10, Tata Tiago, dan lainnya masih mencetak penjualan yang baik. Biasanya, pabrikan akan memberikan generasi terbaru untuk menumbuhkan penjualan.

Hanya saja, Honda melakukan trik itu untuk Amaze. Tahun lalu, Honda merilis generasi baru Amaze dan menjadi best-seller dengan rata-rata penjualan 7.000 unit per bulan. Sayangnya, Honda tak melakukan hal yang sama untuk Brio.

Honda juga tak memberikan alasan mengapa akhirnya memilih menyuntik mati Brio. Mungkin saja Honda memilih untuk lebih fokus dengan mobil yang lebih premium. Seperti rencana merilis generasi baru Honda Civic.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR