HOME » BERITA » HONDA CIVIC TYPE R LIMITED EDITION, APA ISTIMEWANYA?

Honda Civic Type R Limited Edition, Apa Istimewanya?

Honda merilis Honda Civic Type R Limited Edition dan hanya diproduksi 1.000 unit di dunia.

Rabu, 26 Februari 2020 11:15 Editor : Cornelius Candra
Honda Civic Type R Limited Edition, Apa Istimewanya?
Honda Civic Type R Limited Edition (CNET)

OTOSIA.COM - Ketenaran Honda Civic Type R tak hanya didapat dari desainnya yang agresif dan modern. Namun, hot-hatchback ini memiliki rekam jejak yang baik di lintasan.

Pada tahun 2017 silam, Honda Civic Type R menjadi mobil berpenggerak depan (FWD/ froont-wheel drive) tercepat yang melibas Sirkuit Nurburgring dengan catatan waktu 7 menit 43,8 detik.

1 dari 4 Halaman

Namun, capaian itu telah dilampaui oleh Renault Megane RS Trophy-R. Hot-hatchback asal Perancis itu mampu menuntaskan 1 putaran Sirkuit Nurbugrin dalam waktu 7 menit 40,1 detik, atau lebih cepat 3,7 detik.

Untuk merebut gelar hot-hatchback FWD tercepat di Nurbugring, Honda pun akhirnya merilis Honda Civic Type R. Mengutip dari CNET, mobil ini melakoni debutnya beberapa waktu lalu di Milan, Italia.

2 dari 4 Halaman

Honda Civic Type R Limited Edition ini akan dijual dalam jumlah yang terbatas, hanya 100 unit. Eksteriornya dilabur warna Phoenix Yellow dengan pelat nomor seri di konsol tengahnya.

Berbasis model 2020, Honda Civic Type R Limited Edition ini masih mengandalkan mesin lamanya, 4-silinder inline DOHC 2.000 cc turbocharger. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 306 hp dengan torsi 400 Nm.

3 dari 4 Halaman

Hanya saja, Honda melakukan beberapa penyesuaian, seperti mengalibrasi ulang setir dan kaki-kakinya. Mereka pun menyematkan ban baru, Michelin Pilot Sport Cup 2, yang membalut velg BBS forged 20 inci.

Menariknya, Honda Civic Type R Limited Edition tidak memiliki wiper belakang dan tonneau-cover atau penutup bagasi. Hal itu dilakukan untuk membuatnya menjadi 20 kg lebih ringan dari model standar.

4 dari 4 Halaman

Sementara itu, bobot Honda Civic Type R Limited Edition versi Eropa lebih rendah lagi, turun 34 kg dari model standar. Pasalnya, mobil ini tak dilengkapi dengan sistem audio, head-unit, dan AC.

Honda memang memiliki rencana untuk menurunkan Honda Civic Type R Limited Edition di Sirkuit Nurburgring, tapi tak terlalu mengejar rekor baru. Selain itu, harga mobil ini juga belum diumumkan, kemungkinan besar lebih mahal dari versi standar. Di Indonesia, Honda Civic Type R dibanderol Rp1.06 miliaran (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR