HOME » BERITA » HONDA CR-V TERBARU USUNG TEKNOLOGI HYBRID, MASUK INDONESIA?

Honda CR-V Terbaru Usung Teknologi Hybrid, Masuk Indonesia?

Honda CR-V terbaru bakal mengusung teknologi hybrid. Apakah versi ramah lingkungan ini akan diluncurkan di indonesia?

Kamis, 31 Maret 2022 08:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Honda CR-V Terbaru Usung Teknologi Hybrid, Masuk Indonesia?
Paten Honda CR-V terbaru (paultan.org)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu Honda terciduk mematenkan CR-V terbaru. Mobil tersebut mengusung bentuk bodi yang bongsor, seperti model saat ini. Yang membedakan terletak di bagian detail-detailnya.

SUV itu mendapat update ringan di bagian depan dengan styling seperti mobil Honda terbaru. Misalnya penggunaan desain lampu yang lebih pipih, bumper baru, dan bentuk grill yang lebih besar.

Pada bagian samping pilar D mobil ini mempunyai bentuk berbeda, di mana bagian kaca mobil lebih kecil dengan lekukan yang lebih sederhana dibanding model sebelumnya. Ada juga perbedaan sedikit di bagian trim pintu samping.

1 dari 4 Halaman

Bocoran spesifikasi

Render New Honda CR-V (Instagram/kolesaru)

Setelah wujud SUV ini terkuak, bocoran baru menjelaskan lebih dalam terkait pilihan mesin apa yang tersedia. Melansir paultan.org, Selasa (29/3/2022), New Honda CR-V kemungkinan besar akan mengusung mesin hybrid.

Honda CR-V bermesin hybrid sebenarnya bukan kabar baru. Crossover bongsor ini ditawarkan dengan opsi hybrid di Cina dengan nama CR-V hybrid e+. Mobil ini diperkenalkan pada tahun 2020 dan sudah dijual secara resmi.

2 dari 4 Halaman

Di negeri Tirai Bambu CR-V Hybrid memboyong mesin 2.000cc Atkinson cycle yang dipadukan dengan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Mobil tersebut beroperasi layaknya Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Kombinasi kedua sumber tenaga tersebut menghasilkan daya 181 hp dan torsi 315 Nm. Transmisi yang digunakan adalah E-CVT dan diklaim sanggup menempuh jarak sejauh 85 km hanya menggunakan baterai saja.

Mesin ini juga ditemukan pada Honda Civic e:HEV yang belum lama ini meluncur secara global.

3 dari 4 Halaman

Masuk Indonesia?

Honda CR-V hybrid di China (inf.news)

Honda CR-V Hybrid menjadi pilihan menarik di Indonesia, apalagi versi Internal Combustion Engine (ICE) penjualannya cukup moncer.

Namun untuk pilihan mesin yang ditanamkan, belum tentu SUV hybrid ini hadir tanah air. Alasannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mempelajari kendaraan yang cocok dan sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa All New Honda HR-V yang belum lama ini meluncur tidak tersedia dalam versi hybrid.

"Kami belum menyediakan varian hybrid. Dari studi kami, mobil yang masih diinginkan konsumen itu menggunakan Internal Combustion Engine," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM di sela-sela peluncuran All New Honda HR-V, belum lama ini.

4 dari 4 Halaman

Yusak menambahkan, Honda sendiri sebenarnya mempunyai banyak mobil ramah lingkungan, mulai dari hybrid hingga Electric Vehicle (EV). Namun mobil mana yang cocok dengan kebutuhan konsumen Indonesia terus dipelajari.

"Apa sih elektrifikasi yang cocok untuk Indonesia? Dari hybrid hingga BEV, kami semua punya. Kita sedang mempelajari seperti apa demanddari pasar," tutup Yusak.

BERI KOMENTAR