HOME » BERITA » HONDA DAN PROTON SIAPKAN MOBIL KOMPAK 'EMAS'?

Honda dan Proton Siapkan Mobil Kompak 'Emas'?

Jum'at, 23 November 2012 14:45

Honda dan Proton Siapkan Mobil Kompak 'Emas'?
Honda dan Proton Siap Luncurkan Mobil 'Emas'
Editor : Albert

Otosia.com - Prinsipal Honda dan Proton akan menjalin kerja sama dalam memproduksi sejumlah model. Beredar kabar bahwa kendaraan yang dimaksud merupakan mobil kompak yang sudah lama dilabeli oleh Proton sebagai 'Emas'. Mengenai hal ini, pihak Proton di Indonesia masih belum membeberkan informasi secara utuh.

"(Bersama Honda) Mungkin tahun depan kami punya mobil kompak global. Selama ini itu dikenal dengan konsep Emas," ungkap Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia Gunther Schrez di Jakarta. Hal tersebut merujuk pada model lanjutan setelah diluncurkannya sedan Preve dan Gen-2.

Sebelumnya dikabarkan bahwa dengan melihat potensi mobil kompak yang kian subur. Sehingga PT Proton Edar Indonesia seiring dengan Proton pusat mengiyakan rencana hadirnya segmen ini dalam 1-2 tahun mendatang.

Hadirnya 'Emas' juga sudah menjadi berita lama. Pada awalnya, mantan CEO Lotus yakni Dany Bahar, pernah mengonfirmasi kehadirannya di Asia. Termasuk Indonesia bahwa ada tiga perusahaan yang akan menggarap mobil kecil ini. Proton, Lotus, dan terakhir Honda yang baru saja menandatangani kerja sama tersebut.

'Emas' seperti rencana awal akan dipasangi mesin hybrid pinjaman dari Lotus Evora 414E Hybrid yang bertenaga 101 hp. Mesin ini merupakan kombinasi antara mesin bensin dan motor elektrik. Mesin ini memiliki torsi puncak sebesar 280 Nm. Sedangkan motor elektriknya memanfaatkan baterai Lithium-ion.

Mesin bensinnya berkapasitas 1.200 cc berbasis 3-silinder segaris 6-katup. Mesin ini mampu menempuh kecepatan maksimal 170 km/h. Sedangkan mesin elektriknya mampu menyuguhkan tenaga sebesar 51 hp.

Mobil ini nantinya akan memiliki dimensi yang kecil untuk seukuran mobil kompak. Panjangnya tidak sampai 4 meter atau sekitar 3,5 meter, lebar 1,699 meter, dan tinggi 1,576 meter.(kpl/why/abe)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER