HOME » BERITA » HONDA DIKABARKAN AKAN TUTUP SATU PABRIK DI INDIA, PENJUALAN ANJLOK

Honda Dikabarkan Akan Tutup Satu Pabrik di India, Penjualan Anjlok

Turunnya penjualan Honda di pasar India, membuat HCIL dikabarkan akan menutup salah satu pabriknya di India, yakni pabrik Greater Noida.

Senin, 04 November 2019 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Dikabarkan Akan Tutup Satu Pabrik di India, Penjualan Anjlok
Pabrik HCIL Greater Noida (Cartoq)

OTOSIA.COM - Honda Car India Limited disebut akan melakuan restrukturasi di India. Langkah itu merupakan buntut dari penjualan Honda di India yang terus turun sejak 4 tahun terakhir.

Menurut Auto Economic Times India, penjualan mobil Honda diperkirakan akan turun di bawha 100.000 unit pada tahun fiskal saat ini. Salah satu strategi untuk mengembalikan kondisi, pabrikan Jepang itu dilaporkan akan menjual pabrik Greater Noida.

Honda sendiri memiliki dua fasilitas di India, di Noida dan di Takapura, Rajasthan. Kemungkinan, produksi di Noida akan dipindahkan ke Takapura mulai bulan depan. Sebelumnya, Honda juga memiliki aset untuk ekspansi di Gujarat. Tapi kabar terbaru menyebutkan bahwa lahan tersebut juga sudah dijual.

1 dari 2 Halaman

Produksi Turun

Honda Dikabarkan Akan Tutup Satu Pabrik di India, Penjualan AnjlokProduksi Turun

Pabrik Greater Noida milik Honda adalah pabrik pertama Honda di India. Sebagian fasilitas Noida mungkin dipakai untuk pusat R&D Honda. Selain itu juga sebagai fasilitas perakitan untuk produk CKD.

Saat ini, di Greater Noida bisa memproduksi 120.000 unit per tahun. Tapi, karena penjualan yang kurang baik, produksi berkurang hingga menjadi 2.500 unit saja per bulan, yang artinya hanya 30.000 per tahun.

2 dari 2 Halaman

Pindah Produksi

Honda Dikabarkan Akan Tutup Satu Pabrik di India, Penjualan AnjlokPindah Produksi

Head of the Asia-Oceania Regon of HCIL, Masayuki Igarashi bersama senior management team sudah mengunjungi pabrik India bersama tim dari Thailand. Strategi baru disebut kini tengah dalam peninjauan untuk restrukturisasi pabrik dan menyelaraksan fasilitas produksi dengan permintaan pasar.

Selain itu, Honda juga memperlambat ekspansi dealer di India. Honda juga sudah memindahkan produksi generasi Honda City saat ini ke pabrik Tapukara.

Awal tahun ini, Honda sudah meluncurkan all-new Civic di pasar India dan mendapatkan sambutan positif dari pasar. Rencana terdekat adalah peluncuran generasi terbaru Honda City.

BERI KOMENTAR