HOME » BERITA » HONDA INDONESIA BUKA SUARA SOAL CITY HYBRID

Honda Indonesia Buka Suara Soal City Hybrid

Honda City terbaru tersedia dengan pilihan hybrid di negara tetangga. Bagaimana dengan Indonesia? Begini tanggapan Honda.

Senin, 01 November 2021 08:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Honda Indonesia Buka Suara Soal City Hybrid
Honda City hatchback hybrid (honda.co.th)

OTOSIA.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengenalkan Honda City sedan, Kamis kemarin (28/10/2021). Mobil tersebut hadir dengan satu varian dan dijual bersamaan dengan City hatchback RS yang lebih dulu mengaspal di Indonesia.

Dibanding City hatchback RS, versi sedan terbaru ini mengusung tampilang yang lebih mewah dan elegan. Hal ini terlihat melalui minimnya aksen-aksen sporti di bagian eksterior dan interior, bahkan tidak tersedia dengan embel-embel RS.

1 dari 4 Halaman

Namun satu hal yang masih absen dari lini produksi Honda City di Indonesia adalah varian hybrid. Padahal di berbagai negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia, sudah dijual setelah mobil tersebut diluncurkan.

Selain itu pesaing terdekat Honda City sedan, yakni Toyota Vios, dikabarkan akan mengusung teknologi hybrid. Menurut situs paultan.org, Vios akan mempunyai sistem yang digunakan pada Daihatsu Rocky e Smart Hybrid.

2 dari 4 Halaman

Tanggapan HPM

Saat ditanyakan, HPM belum punya rencana untuk memboyong Honda City hybrid ke tanah air. Pasalnya model yang dijual saat ini sudah mencukupi kebutuhan dari target pasar yang dituju.

"Kami nilai kedua produk yang kami luncurkan hari ini, paling cocok untuk kebutuhan konsumen saat ini, mulai dari mesin, desain, dan sebagainya," ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM pada peluncuran virtual Honda Civic dan Honda City sedan terbaru.

3 dari 4 Halaman

Namun menurut Yusak Billy, tidak menutup kemungkinan ke depan Honda City hybrid juga dipasarkan di Indonesia, atau memboyong model lain dengan teknologi full electric. Saat ini, lanjutnya, Honda sedang melakukan observasi dan kondisi market di Indonesia.

Jika waktunya sudah ideal, maka HPM akan memperkenalkan Honda City hybrid atau mobil ramah lingkungan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Bagi kami elektrifikasi itu baik. Kami akan mendukung semua program yang diajukan oleh pemerintah untuk kedepannya dan neutral carbon. Tapi kami terus mempelajari dan menstudi itu (teknologi hybrid), nanti akan diberikan yang terbaik di waktu yang tepat," tutupnya.

4 dari 4 Halaman

Honda City hybrid

Ilustrasi Honda City dengan Honda Sensing (honda.co.th)

Sekadar Informasi, Honda City hybrid yang dijual di Malaysia dan Thailand dibekali mesin 1.500cc empat silinder dengan tenaga 98 PS dan torsi 127 Nm. Mesin tersebut dibantu oleh motor listrik dengan output 109 PS dan torsi 253 Nm.

Selain mempunyai dapur pacu yang berbeda, Honda City hybrid juga lebih komplet. Mobil itu sudah dilengkapi rem parkir elektrik dan bahkan Honda Sensing. Dengan demikian fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Assist (LKA), dan Collision Mitigation Braking System (CMBS) sudah menjadi standar.

Untuk harga, varian hybrid ini dibanderol 849.000 Baht atau Rp 362 jutaan (dengan kurs 1 Baht = Rp 426,73).

BERI KOMENTAR