HOME » BERITA » HONDA MONKEY MENGASPAL DI NEGERI JIRAN, AKANKAH KE INDONESIA JUGA?

Honda Monkey Mengaspal di Negeri Jiran, Akankah ke Indonesia Juga?

Jum'at, 05 Oktober 2018 10:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Paultan.org

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, Boon Siew Honda, agen pemegang merek (APM) Honda di Malaysia secara resmi merilis mini-moto legendaris, Honda Monkey. Menariknya, harga jual motor retro ini setara motor 250cc.

Mengutip dari situs resmi Boon Siew Honda, Honda Monkey dibanderol MYR13.999 atau sekitar Rp51,2 jutaan (Kurs MYR1 = Rp3.661). Sebagai perbandingan, saat ini, Yamaha MT-25, naked-bike 250cc, dipasarkan seharga Rp48 juta di Indonesia.

Tingginya harga jual tersebut tak terlepas dari tampilan Honda Monkey yang mempertahankan berbagai ciri khasnya. Mini-moto ini tetap mungil dengan tangki melengkung, lampu utama bulat, dan knalpot under-seat.

Meskipun kental dengan nuansa lawas, Honda Monkey dibekali berbagai fitur menarik dan modern. Mini-moto ini dilengkapi dengan lampu-lampu LED, instrumen panel digital, alarm built-in, dan answer-back system.

Honda Monkey mengandalkan mesin 1-silinder SOHC 124,89cc berpendingin udara. Dapur pacu tersebut menyumbangkan tenaga sebesar 9 hp dengan torsi 10,5 Nm dan disokong sistem pengabutan PGM-Fi.

Di sektor kaki-kaki, Honda Monkey dibekali suspensi depan upside down dan twin suspension di belakang. Sementara itu, ban depan dan belakang masing-masing berukuran 2.75/12 dan 3.50/12. Keduanya dikawal single disc-brake.

Dengan kehadirannya di Malaysia, Honda Monkey semakin deklat dengan Indonesia. Namun, pihak Astra Honda Motor (AHM) sampai saat ini belum menunjukkan minatnya untuk memboyong mini-moto legendaris ini ke tanah air.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR