HOME » BERITA » HONDA PAMERKAN 4 ROBOT MUNGIL, SALAH SATUNYA PEKA PERASAAN

Honda Pamerkan 4 Robot Mungil, Salah Satunya Peka Perasaan

Jum'at, 12 Januari 2018 10:15

Honda Pamerkan 4 Robot Mungil, Salah Satunya Peka Perasaan
Foto: Honda
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Honda memperkenalkan berbagai fungsi dan desain robot serta artificial intelligence (AI) dalam ajang International Consumer Electronics Show 2018 (CES) tanggal 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Robot-robot ini dikembangkan dengan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy), dan empat di antarnya adalah 3E-Empower 3E-D18, 3E-B18, 3E-Experience 3E-C18, dan 3E-Empathy 3E-A18.

3E-Empower 3E-D18, menggambarkan sebuah konsep bahwa robot dan manusia dapat bekerja sama dengan memperkuat kelebihan masing-masing.

Honda mendemonstrasikan ide ini melalui 3E-D18, sebuah robot otonom dengan teknologi AI yang dilengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik dan dapat membantu berbagai aktivitas manusia, seperti search and rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur dan pekerjaan rumah tangga.

Lalu ada Honda 3E-B18. Dengan perangkat tambahan, robot 3E-B18 dapat digunakan sebagai kereta barang.

Ukurannya yang kompak memungkinkan alat ini untuk melakukan navigasi di tempat sempit, dilengkapi dengan ketinggian kursi yang dapat diatur saat mengendarainya di jalan menanjak atau menurun.

Honda juga memperlihatkan 3E-Experience 3E-C18. Idenya adalah manusia dan robot dapat bertumbuh bersama melalui interaksi satu sama lain.

Robot 3E-C18 sendiri berukuran kecil dan dibuat sebagai platform mobile yang mendukung aktivitas manusia.

Platform yang dilengkapi AI dapat belajar dengan mengobservasi bagaimana orang-orang berinteraksi, serta beroperasi secara otonom.

Sementara itu, platform yang berbentuk kereta dapat berfungsi sebagai pembawa barang, yang dilengkapi sebuah kanopi dan memiliki fungsi setir.

Untuk 3E-Empathy 3E-A18, robot ini sesuai namanya dapat memiliki empati saat melakukan kegiatan bersama manusia.

Honda mengaplikasikan AI ke dalam robot yang dapat menjadi pemandu di beberapa tempat tersebut, seperti bandara dan pusat perbelanjaan.

Robot ini juga memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dan memiliki kepedulian terhadap kebutuhan individu dan kelompok melalui analisis terhadap ekspresi wajah dan lingkungan di sekitarnya.

 (kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER