HOME » BERITA » HONDA PATENKAN ALL NEW HR-V, SEGERA MELUNCUR?

Honda Patenkan All New HR-V, Segera Meluncur?

Honda mematenkan mobil yang diduga kuat sebagai All New HR-V. Wujud mobil tersebut mirip dengan HR-V RS yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

Kamis, 11 November 2021 16:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Honda Patenkan All New HR-V, Segera Meluncur?
Paten Honda HR-V (dgip.go.id)

OTOSIA.COM - Honda HR-V di Indonesia saat ini belum mengalami perubahan total. Sempat hadir dalam model facelift di tahun 2018, mobil tersebut pada dasarnya masih menggunakan platform yang sama sejak peluncurannya pada tahun 2015.

Sementara di negara lain, generasi ketiga HR-V sudah debut secara global. Terakhir mobil tersebut diperkenalkan di Thailand beberapa waktu lalu. Mobil yang ditampilkan merupakan model RS dengan mesin hybrid.

Namun Honda HR-V terbaru boleh jadi sedang dalam proses masuk Indonesia. Pasalnya paten mobil tersebut tercantum pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, dgip.go.id.

1 dari 4 Halaman

Paten Honda HR-V

Paten parts Honda HR-V (dgip.go.id)

Paten All New Honda HR-V pertama kali diunggah di Berita Resmi Desain Industri No. 33/DI/2021, Jumat (5/11/2021). Pada nomor permohonan A00202003247, nampak wujud mobil dari Honda yang diduga kuat sebagai HR-V generasi ketiga.

Berdasarkan foto yang tertera, HR-V yang dipatenkan cukup mirip dengan model RS di Thailand. Hal ini terlihat pada beberapa aspek mobil itu, mulai dari desain bumper dan grill depan. Bahkan parts tersebut juga dipatenkan pada daftar tersebut.

2 dari 4 Halaman

Honda HR-V RS mengusung bentuk bumper yang lebih sporti, di mana lip depan terpisah dengan bumper berkat adanya garis krom panjang di masing-masing sisi. Lalu bumper belakang dibuat sedikit berbeda melalui underguard yang tidak berwarna silver, melainkan dark grey.

Terakhir adalah penggunaan grill depan bercorak titik yang hanya ditemukan pada model RS. Sebagai gambaran, HR-V terbaru ini pada umumnya mempunyai grill garis-garis tipis bertingkat.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi

Honda HR-V RS di Thailand (paultan.org)

Di Thailand, tipe RS merupakan model termahal. Mobil tersebut mengusung mesin 1.500cc Atkinson Cycle dipadu dengan sistem hybrid i-MMD dan sepasang motor listrik. Hasilnya, kombinasi tersebut menghasilkan tenaga 131 hp dan torsi 253 Nm.

Sedangkan di Indonesia, HR-V RS ditemukan terdaftar pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Di situ, tercatat informasi "1.5T" yang kemungkinan besar menunjukkan kapasitas mesin yang dipakai.

4 dari 4 Halaman

Lantaran mobil Honda lain mengusung jantung pacu 1.500cc turbo di Indonesia, boleh jadi All New HR-V kelak punya mesin yang sama. Sebagai gambaran, Honda Civic RS sedan terbaru menghasilkan tenaga 178 PS dan torsi 240 Nm dari mesin tersebut.

Untuk harga, HR-V RS di Indonesia masih menjadi misteri. Namun NJKB mobil tersebut menulis Rp 305 juta. Tentu angka tersebut bukanlah harga resmi on the road.

BERI KOMENTAR