HOME » BERITA » HONDA PCX HYBRID MUNCUL DI IIMS, BEGINI CARA KERJANYA

Honda PCX Hybrid Muncul di IIMS, Begini Cara Kerjanya

PT Astra Honda Motor memperkenalkan motor pertama di Indonesia yang menggunakan sistem hybrid, yakni Honda PCX.

Jum'at, 20 April 2018 10:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Dimas Wahyu

OTOSIA.COM - PT Astra Honda Motor memperkenalkan motor pertama di Indonesia yang menggunakan sistem hybrid, yakni Honda PCX. Motor ini diperkenalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran.

Meski bentuknya serupa dengan Honda PCX di dalam negeri tapi, versi hybrid ini berbeda secara sistem kerja.

Prinsipnya, start awal sudah akan mempunyai torsi yang didukung oleh motor elektrik berdaya maksimum 1,4 KW / 3.000 rpm.

Baru setelahnya, motor benar-benar memakai mesin bensinnya yang berdaya maksimum 10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm.

Berdasarkan sistem kerjanya, motor akan start dengan dukungan engine assist dari ACG (alternating current generator) starter.

Untuk bisa bergerak, kata Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma, komputer pada motor sudah memperhitungkan sejumlah hal, termasuk bukaan gas.

"Ketika engine assist berfungsi sebagai starter, dihasilkanlah torsi assist yang sesuai yang telah dikalkulasikan dari kecepatan, bukaan gas saat berakselerasi," kata dia.

Dengan daya awal via ACG motor ini, maka secara bersamaan listrik akan terisi ke baterai lithium ion yang sudah terpasang secara kompak di motor.

"Baterai lithium akan terisi ulang saat berkendara santai dengan sumber tenaga dari ACG motor," kata dia.

Daya tersebut dinilai cukup untuk mulai melaju. Pasalnya, menurut dia, torsi yang dihasilkan setera hampir sepertiganya dan berlangsung selama sekian puluh detik.

"Engine assist tourqe dapat meningkatkan torsi mesin maksimal sampai 20-30 persen. Assist ini beroperasi 30 detik sampai mendapatkan torsi maksimal. Bekerja berdasarkan sudut bukaan gas," tambahnya.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR