HOME » BERITA » HONDA RECALL 1,4 JUTA UNIT MOBIL, INI DAFTAR MASALAHNYA

Honda Recall 1,4 Juta Unit Mobil, Ini Daftar Masalahnya

Karena korosi hingga potensi kebakaran saklar jendela, Honda recall 1,4 juta unit mobil

Jum'at, 18 Desember 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Honda Recall 1,4 Juta Unit Mobil, Ini Daftar Masalahnya
Honda Accord 2015 (Caradvice.com.au)

OTOSIA.COM - Honda America telah mengumumkan recall alias penarikan kembali beberapa model mobilnya. Total recall ini mencapai 1,4 juta unit kendaraan yang disebabkan oleh beberapa masalah, mulai dari korosi hingga saklar jendela.

Melansir Car and Driver, ada sekitar 430.000 unit mobil yang ditarik kembali karena potensi korosi driveshaft depan di sisi kiri atau kanan. Recall tersebut mencakup Honda Fit 2007-2014, Honda Civic hybrid 2012, Acura ILX Hybrid 2013, Acura ILX 2013-2015, dan Honda Accord 2013-2015.

Kerusakan driveshaft akan menyebabkan kendaraan kehilangan tenaga bahkan terguling saat parkir apabila rem parkir tak digunakan. Namun sejauh ini belum ada laporan terkait kecelakaan yang diakibatkan oleh kerusakan tersebut.

1 dari 3 Halaman

Namun recall Honda Accord 2013-2015 mempunyai masalah tersendiri meskipun sama-sama terkait korosi driveshaft. Berdasarkan keterangan juru bicara Honda, ada akar masalah lain yang ditemukan di Honda Accord, yakni kerusakan kimiawi pada lampisan pelindung driveshaft yang disebabkan pelumas.

Recall ini dilakukan di Connecticut, Delaware, Illinois, Indiana, Iowa, Kentucky, Maine, Maryland, Massachusetts, Michigan, Minnesota, Missouri, New Hampshire, New Jersey, New York, Ohio, Pennsylvania, Rhode Island, Vermont, Virginia, Virginia Barat, dan Wisconsin, serta distrik Columbia.

Pemberitahuan terkait recall akan dilakukan pada Februari tahun depan, akan tetapi pemilik kendaraan harus bersabar. Pasalnya harus menunggu sampai suku cadang pengganti tersedia.

2 dari 3 Halaman

Kemudian ada 737.000 unit mobil yang ditarik kembali karena pembaruan perangkat lunak modul kontrol tubuh (BCM). Cacat pemrograman yang terjadi bisa mengakibatkan lampu hazard menyala secara tidak perlu. Selain itu juga menyebabkan kamera belakang, lampu sein, dan wiper tidak berfungsi.

Recall ini berlaku untuk Accord dan Accord Hybrid 2018-2020, serta Honda Insight 2019-2020. Pemilik mobil akan diberitahu pada Januari 2021 dan akan diminta membawa mobilnya ke dealer Honda.

3 dari 3 Halaman

Kemudian ada sekitar 268.000 unit Honda CR-V yang turut direcall. Mobil yang ditarik kembali lansiran tahun 2002-2006. Recall ini sendiri dikarenakan saklar jendela.

Honda mengatakan jika air hujan atau air yang tumpah bisa merembes ke saklar di pintu pengemudi. Akibatnya berpotensi membuat saklar terlalu panas, meleleh, hingga terbakar.

Sejauh ini sudah ada 16 laporan terkait kebakaran karena kerusakan saklar jendala. Namun untungnya tidak sampai menyebabkan korban luka atau meninggal.

Sebetulnya Honda sudah pernah merecall CR-V 2012 terkait masalah yang sama, namun hanya diperbaiki bukan diganti. Hanya saja untuk recall kali ini Honda akan menggantinya. Sementara itu, Honda akan memberitahu pemilik mobil mulai Januari 2021 mendatang.

BERI KOMENTAR