HOME » BERITA » HONDA RESMI MUNDUR DARI FORMULA 1 USAI MUSIM 2021, MENGAPA?

Honda Resmi Mundur dari Formula 1 Usai Musim 2021, Mengapa?

Resmi, Honda akan mundur dari Formula 1 mulai akhir musim 2021

Sabtu, 03 Oktober 2020 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Honda Resmi Mundur dari Formula 1 Usai Musim 2021, Mengapa?
Formula 1 (Autosport.com)

OTOSIA.COM - Kabar mengejutkan datang dari dunia balap jet darat, Formula 1. Honda resmi mundur dari ajang balapan usai musim 2021. Pabrikan mobil itu mengumumkannya di Tokyo Jumat (2/10) kemarin.

Lantas apa yang menyebabkan Honda mundur dari Formula 1?

1 dari 3 Halaman

Melansir Motor1, rupanya Honda terkendala biaya proyek di Formula 1 dan tidak bisa menjamin keikutsertaannya dalam jangka panjang.

Belum lagi Honda ingin berfokus ke kendaraan listrik. Mereka hendak menyalurkan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan mobil masa depan tersebut.

"Honda perlu menyalurkan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV), yang akan menjadi inti dari teknologi bebas karbon," pernyataan Honda dalam keterangan resminya.

2 dari 3 Halaman

Ternyata pihak Honda sendiri sudah mempertimbangkan keputusan mundur dari Formula 1 sejak tahun lalu. Akhirnya disepakati untuk memperpanjang masa tinggalnnya selama satu musim lagi, yakni 2021.

Sementara itu, direktur pelaksana Formula 1 Honda, Masashi Yamamoto juga menegaskan jika masalah terbesar Honda adalah soal investasi. Biaya menjadi perhatian utama, sebab menjadi faktor penting untuk menyukseskan proyek mesin listrik mereka.

3 dari 3 Halaman

"Kami telah memperhatikan bahwa sangat sulit bagi semua pabrikan mobil saat ini, karena perubahan lingkungan untuk elektrifikasi. Jadi, kami menyimpulkan biaya pengembangan dan melakukan diskusi secara internal," kata Masashi Yamamoto

"Memang benar bahwa biaya adalah masalah terbesar. Menang adalah prioritas pertama. Begitu kami memutuskan untuk berpartisipasi, kami hanya mencoba untuk menang," tambahnya lagi.

BERI KOMENTAR