HOME » BERITA » HONDA RILIS MOBIL LISTRIK MARET 2019, CIVIC LISTRIK?

Honda Rilis Mobil Listrik Maret 2019, Civic Listrik?

Honda Urban EV dikabarkan masuk dapur produksi. Tampilan retronya disebut berbasis Civic hatchback.

Senin, 07 Januari 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Urban EV konsep (Best Car Web)

OTOSIA.COM - Pengembangan kendaraan listrik Honda sudah terlampau lama. Mengutip Best Car Web, riset sudah dilakukan sejak 1988. Lalu pada 1997 diumumkan desain eksklusif EV Plus dan dilanjutkan Fit (Jazz) EV (electric Vehicle) yang kemudian dikembangkan pada 2012 sebagai titik mulai Honda.

Lalu setelah mengumumkan soal Urban EV konsep pada 2017, Honda merilis VE-1 untuk pertama kalinya untuk pasar China saat Guangzhou Motor Show 2018. VE-1 mulai masuk lini produksi pada Desember 2018 yang berbasis SUV kompak Wesel (HR-V).

Kini, Honda dikabarkan kembali akan merilis mobil listrik. Kabarnya mobil ini adalah versi produksi dari Urban EV konsep. Dari gambar yang beredar, gaya mobil listrik terbaru ini akan terlihat seperti Civic original, seperti versi konsepnya.

Honda Urban EV konsep (Best Car Web)

Masih mengadopsi lampu depan bundar, mobil ini punya gaya hatcback tahun 1970-an. Sama seperti model konsep, pengisian daya ada di balik kap mesin depan dan mobil ini dilengkapi dengan spion digital.

Tapi perubahan paling menonjol dari versi konsep ke produksi ini adalah jumlah pintu. Kini ada 5-pintu, yang sebelumnya hanya punya 3-pintu. Jika versi konsep pintu bergaya hinged door (dibuka ke depan dan belakang), pada versi produksi, pintu dibuka secara normal.

Sementara kabin mobil menggunakan konfigurasi 5-penumpang. Interior juga disebut akan dilengkapi dengan monitor lebar dan besar, maka sepertinya teknologi canggih, seperti AI (Artificial Intelegence) akan disematkan untuk Urban EV versi produksi ini.

Honda Urban EV konsep (Best Car Web)

Selain itu, EV kompak ini adalah titik besar untuk mengadopsi platform yang baru dikembangkan secara eksklusif untuk EV. Karena alasan itu, kabarnya bodi akan sangat ringkas dan bobot pun akan sangat kompatibel.

Soal spesifikasi disebut tak akan jauh beda dengan VE-1 yakni baterai 53,6 kW dengan tenaga 120 kW dan jarak tempuh 340 km. Tapi tampaknya juga akan sulit memasang baterai besar untuk Urban EV, mengingat bodi yang ringkas.

EV kompak Honda dengan tampilan retro ini dikabarkan akan menjalani debutnya saat Geneva Motor Show Maret 2019. Sedangkan di Jepang baru akan dirilis setahun kemudian.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR