HOME » BERITA » HONDA TARGETKAN KUASAI 75 PERSEN PASAR SEPEDA MOTOR 2018

Honda Targetkan Kuasai 75 Persen Pasar Sepeda Motor 2018

Kamis, 07 Desember 2017 10:15

Honda Targetkan Kuasai 75 Persen Pasar Sepeda Motor 2018
Foto: Arsip Otosia
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Hingga November kemarin pasar sepeda motor terbilang lesu, bahkan mengalami penurunan sebesar 5,8 persen dibandingkan periode 2016. Sampai akhir tahun diprediksi penjualan sepeda motor hanya mencapai 5 juta unit pada tahun 2017.

Kendati terjadi penurunan, PT Astra Honda Motor (AHM) meyakini pasar roda dua tahun depan akan mengalami pertumbuhan, atau terjual sekitar 6 juta unit. Dari angka tersebut, Honda mematok penguasaan pasar sebesar 75 persen di 2018.

“Walaupun ada penurunan pasar sepeda motor 5,8 persen, namun total produksi kami tahun ini stabil di angka 4,4 – 4,5 juta unit. Saya kita total pasar sepeda motor nasional tahun depan di angka 5,8 juta sampai 6 juta unit. Dari 6 juta unit itu AHM menargetkan market share sebesar 75 persen,” ujar David Budiono, Production, Engineering and Procurement Director AHM.

Namun demikian situasi penjualan motor tahun depan banyak dipengaruhi beberapa faktor sama seperti tahun ini. “Yang pasti pengaruh ekonomi global juga ada dampaknya ke Indonesia, seperti imbas harga komoditi, pertumbuhan kelas menengah, dan sebagainya,” terangnya.

Untuk mengejar target 2018, Honda akan melakukan sejumlah langkah strategis untuk mendongkrak penjualan, diantaranya memperkuat kerjasama dengan stakeholder terkait , seperti asuransi, lembaga pembiayaan, vendor, media dan sebagainya.

“Dan tentunya juga menciptakan produk-produk yang diminati konsumen. Ada beberapa tipe baru yang akan kita kembangkan. Jadi produk-produk yang kita buat (2018) nantinya juga adalah produk-produk yang benar-benar diinginkan oleh konsumen. Selain itu kita akan terus menjalankan aktivitas community event, seperti Honda Bikers Day, dan sejenisnya,” paparnya.

Seperti diberitakan situs ini, data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia tahun ini menunjukkan bahwa penjualan sepeda motor di Indonesia dari segala merek secara total hampir menyentuh 5 juta unit.

Angka itu terlihat dari data terkini untuk perhitungan yang belum genap 12 bulan alias Januari-Oktober 2017. Tepatnya, pada periode tersebut, penjualan sepeda motor berada di angka 4.919.804 unit.

Jika dibandingkan tahun lalu, angka tersebut menurun sekitar 420.000 sepeda motor. Pasalnya, tahun 2016, penjualan sepeda motor yang terdiri dari merek Honda, Yamaha, Suzuki, TVS secara total berada di angka 5.422.598 untuk periode yang sama.

 (kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-7
detail

BERITA POPULER