HOME » BERITA » HONDA TUTUP PABRIK BR-V DAN CITY DI FILIPINA

Honda Tutup Pabrik BR-V dan City di Filipina

Honda memutuskan menutup pabriknya di Filipina.

Selasa, 25 Februari 2020 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Honda Tutup Pabrik BR-V dan City di Filipina
Pabrik Honda (glbnews.com)

OTOSIA.COM - Honda akan menutup pabriknya di Filipina mulai bulan depan. Langkah ini merupakan bagian dari rencana restrukturisasi global.

Menurut Inquirer.net, para pekerja dikumpulkan pada Sabtu sore. Awalnya mereka mengira akan diberi tahu soal penjualan atau tawar-menawar secara kolektif untuk Agustus mendatang.

Tapi ternyata ekspektasi para pekerja pupus. Mereka justru diputarkan video Presiden Honda Cars Philippines, Inc (HCPI), Noriyuki Takakura yang memberi tahu mereka bahwa pabrik akan tutup.

"Orang-orang menjadi emosional setelah menonton video. Beberapa pengawas juga ada di sana, tetapi mereka mengklaim bahwa mereka juga tak tahu soal itu. Lalu kami mulai melihat banyak pria berbadan besar di luar, seperti penjaga keamanan, berdiri membuat barikade di gerbang," ujar wakil presiden serikat pekerja setempat, Christopher Oliquino.

1 dari 1 Halaman

Meski pabrik ditutup, Honda mengatakan akan terus menjual produknya secara lokal. Selain itu Honda juga akan tetap melayani purna jual.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Filipina dengan harga terjangkau dan berkualitas, Honda memepertimbangkan alokasi dan distribusi sumber daya yang efisien. Karena itu, setelah mempertimbangkan upaya optimalisasi dalam operasi produksi di wilayah Asia dan Oseania, Honda memutuskan menutup manufaktur HCPI. Penjualan mobil dan layanan purna jual di Filipina melalui jaringan regional Asia dan Oseania Honda," kata pihak Honda melalui pernyataan resmi di website Honda Global.

Pabrik di Filipina itu sendiri mulai beroperasi pada tahun 1992. Berada di selatan ibukota Manila, pabrik yang memroduksi Honda BR-V dan Honda City itu memiliki 650 pekerja.

BERI KOMENTAR