HOME » BERITA » HYDROPLANNING SAAT BERKENDARA, BAGAIMANA ANTISIPASINYA?

Hydroplanning Saat Berkendara, Bagaimana Antisipasinya?

Rabu, 29 Agustus 2018 08:45 Editor : Ahmad Muzaki
Foto Ilustrasi: ejournalz.com

OTOSIA.COM - Berkendara di musim hujan atau ketika jalanan basah memerlukan kewaspadaan dan ekstra hati-hati. Salah-salah mobil malah tergelincir karena jalanan licin. Potensi bahaya saat melewati jalan basah bisa diminimalisir jika pengendara tahu teknik berkendara di saat jalanan menjadi licin akibat hujan.

Salah satu hal yang harus dipahami adalah mengantisipasi hydroplanning. Soal satu ini, PT Astra Daihatsu Motor memberikan penjelasan dan kiat mengantisipasi hydroplanning kepada sejumlah komunitas Daihatsu dalam kegiatan bertajuk Daihatsu Club Auto Clinic belum lama berselang .

Komunitas Daihatsu yang terlibat diantaranya Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Taruna Owners (TO), dan Charade Classy Winner (C2W) Community di Karawang.

Hydroplanning terjadi pada saat berkendara di jalanan basah, yang menyebabkan ban mengambang (tidak menyentuh jalan) ketika melewati genangan air, yang paling terburuk dapat mengakibatkan kendaraan kehilangan kendali, buka Budi Mahendra selaku Executive Coordinator CSVC division ADM.

Daihatsu Club Auto Clinic yang berlangsung dua sesi, yakni in-class sharing dan practice yang dijabarkan untuk berkendara aman dan nyaman ketika berkendara di jalan basah.

Berikut adalah kiat-kiat dari Daihatsu saat melewati jalanan licin dalam Daihatsu Club Auto Clinic:

Kecepatan

Ketika hujan sebaiknya kecepatan maksimal kendaraan 70 km/jam, dan perhatikan kecepatan kendaraan disekitar, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya selip pada kondisi jalan basah

Kondisi Ban

Pada musim hujan, ban yang prima adalah hal yang sangat penting, sehingga sebelum berkendara sebaiknya memeriksa kembangan ban mobil dalam keadaan baik. Saat membeli ban, pilihlah ban yang direkomendasikan untuk permukaan kering dan basah.

Tekanan Angin

Sebelum berkendara, sebaiknya memeriksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan. Hal ini disesuaikan dengan spesifikasi standar masing-masing kendaraan.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR