HOME » BERITA » HYUNDAI BUKA DRIVE-THRU TES COVID-19 DI BEKASI

Hyundai Buka Drive-Thru Tes COVID-19 di Bekasi

Hyundai menyediakan tes drive-thru COVID-19 untuk mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran COVID-19.

Kamis, 30 April 2020 09:45 Editor : Cornelius Candra
Hyundai Buka Drive-Thru Tes COVID-19 di Bekasi
Tes COVID-19 Drive-Thru Hyundai di Bekasi (Hyundai)

OTOSIA.COM - Dukungan berbagai pabrikan otomotif di Indonesia untuk memutus penyebaran COVID-19 terus berdatangan. Salah satunya dari Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang menggelar drive-thru tes COVID-19 di Bekasi.

Pengujian ini tetap sesuai dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) dengan setiap orang yang menggunakan layanan tersebut.

"Seperti halnya kami di Hyundai bertujuan untuk mencipatakan kehidupan dan kualitas yang lebih baik di Indonesia, kami berharap bahwa dukungan kami dalam tes drive-thru dan donasi alat pelindung diri ini dapat secara signifikan membantu upaya pemerintah dalam meratakan kurva penyebaran COVID-19 di Indonesia," terang Yoon Seok Choi, President Director of HMMI dalam keterangan resmi.

1 dari 2 Halaman

Metode tes COVID-19 secara drive thru ini terbilang inovatif. Pasalnya, masih ada jarak antara petugas medis dengan masyarakat dan tak perlu keluar dari kendaraan, serta hasilnya bisa cepat didapat dan cukup akurat.

Kurang lebih, tes COVID-19 ini berlangsung selama 10 menit per orang. Setidaknya, ada 4 tahap yang dilakukan, yaitu pendaftaran serta konsultasi, wawancara rekam medis, pemeriksaan, dan pengumpulan sampel untuk kandidat yang berpotensi terinfeksi.

Tes COVID-19 secara drive-thru ini sebenarnya adalah salah satu bagian dari atau corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan. Pasalnya, mereka telah mendirikan pabrik di area Jawa Barat.

2 dari 2 Halaman

Tak hanya itu, pabrikan yang berasal dari Korea Selatan itu juga telah mendonasikan 10.000 pasang alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis di Jawa Barat. Jumlah itu, termasuk dari 50.000 pasang APD yang sebelumnya disumbangkan ke BNPB oleh HMMI.

"Meskipun pabrik Hyundai masih dalam tahap pembangunan, HMMI tetap berupaya menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan dan memenuhi kewajiban sosialnya melebihi dari tanggung jawab hukum dan ekonomi," jelas Choi.

Upaya HMMI ini pun turut mendapat apresiasi dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu berharap metode tes inovatif ini bisa efektif dan berhasil menangani COVID-19 seperti telah dilakukan di Korea Selatan.

BERI KOMENTAR