HOME » BERITA » HYUNDAI KLAIM SISTEM TOMBOL TRANSMISI LEBIH MUDAH DAN AMAN

Hyundai Klaim Sistem Tombol Transmisi Lebih Mudah dan Aman

Tak ada tuas transmisi pada mobil listrik Hyundai dan fungsinya digantikan 4 tombol.

Selasa, 10 November 2020 10:15 Editor : Cornelius Candra
Hyundai Klaim Sistem Tombol Transmisi Lebih Mudah dan Aman
Mobil listrik Hyundai Ioniq (Hyundai)

OTOSIA.COM - Ada hal yang menarik dari sepasang mobil listrik Hyundai. Baik Hyundai Ioniq maupun Hyundai Kona Electric sama-sama tidak memiliki tuas transmisi, tapi tugasnya digantikan 4 tombol yang disebut sebagai Button-Type Shift-by-Wire.

"Baik Hyundai Kona Electric maupun Hyundai Ioniq menggunakan yang kita sebut dengan Button-Type Shift-by-Wire. Kita lihat, di mana tempat seharusnya ada tuas transmisi, itu hanya ada 4 jenis tombol, yaitu P untuk Parking, N untuk Neutral, D untuk Drive, dan R atau Rear untuk mundur," terang Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

1 dari 2 Halaman

Ada kemungkinan, salah satu atau lebih dari keempat tombol tersebut bisa saja tidak sengaja tertekan. Tapi, Bonar menyebut bahwa Hyundai telah meneliti sistem ini dan memastikan keamanan pengoperasiannya.

"Ketika di D lalu saya pencet R, apa yang terjadi? Mobil memberikan peringatan bahwa kondisi pengoperasian perpindahan transmisi tersebut tidak terpenuhi. Jadi mobilnya tidak bisa mundur ketika tombol D dalam keadaan aktif," jelas Bonar saat sesi konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

2 dari 2 Halaman

Tombol transmisi Hyundai Ioniq

"Di 1 sisi, pengoperasiannya sangat memudahkan pengendara Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric, di sisi lain juga sudah dipikirkan keamanannya. Lewat sistem ini, Hyundai juga ingin memberikan kenyamanan, keamanan, dan pengalaman berkendara yang baru bagi konsumen," tambahnya.

Bonar pun menekankan bahwa Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric merupakan mobil listrik yang tidak memiliki transmisi multi gigi. Jelas, keduanya tidak membutuhkan tuas transmisi sehingga pengoperasiannya bisa lebih mudah dibanding kendaraan konvensional.

BERI KOMENTAR