HOME » BERITA » HYUNDAI SIAPKAN IONIQ 5 BUAT TAKSI, YANG INI BISA JALAN SENDIRI

Hyundai Siapkan IONIQ 5 Buat Taksi, yang Ini Bisa Jalan Sendiri

Hyundai IONIQ 5 di Korea Selatan akan digunakan sebagai taksi otonomus. Melalui sistem ADAS canggih, mobil ini bisa bergerak dengan sendirinya.

Rabu, 15 Juni 2022 14:10 Editor : Arendra Pranayaditya
Hyundai Siapkan IONIQ 5 Buat Taksi, yang Ini Bisa Jalan Sendiri
Hyundai IONIQ 5 di Korea Selatan dengan teknologi otonomus (carscoops.com)

OTOSIA.COM - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Hyundai IONIQ 5 menjelang Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Maret 2022 lalu. Crossover ini menjadi Battery Electric Vehicle (BEV) pertama yang diproduksi secara masal di Indonesia.

Hyundai menawarkan empat varian IONIQ 5 di tanah air. Tipe termahal adalah model Signature Long Range yang dibanderol Rp 829 juta.

Harga premium tersebut memberikan pengalaman lengkap dari IONIQ 5, termasuk seluruh fitur kenyamanan dan teknologi canggih yang ditawarkan seperti kursi depan dengan sandaran paha, menggunakan mobil ini sebagai power bank melalui Vehicle to Load (V2L), dan peranti keselamatan lengkap Hyundai Smartsense.

1 dari 4 Halaman

Mobil otonom

Hyundai IONIQ 5 Otonomus digunakan sebagai taksi (carscoops.com)

Di luar Indonesia, Hyundai IONIQ 5 digunakan untuk hal yang berbeda. Melansir carscoops.com, Senin (13/6/2022), SUV ini sedang dirancang sebagai mobil taksi otonom di area Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Proyek ini dinamai "RoboRide" di mana sepasang Hyundai IONIQ 5 dipasangkan teknologi otonomus di atapnya dan akan menyetir dengan sendirinya di sekitar Gangnam dalam waktu dekat.

Teknologi ini bisa direalisasikan melalui penggunaan sistem keselamatan canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang bisa membaca dan mendeteksi kondisi dan situasi di sekitar mobil.

2 dari 4 Halaman

Untuk sistem otonomusnya sendiri, Hyundai mengklaim teknologi yang mereka terapkan saat ini sudah mencapai level 4 atau mendekati tingkat di mana pengemudi tidak perlu mengambil kendali.

"Kami di Hyundai Motor Group sedang merancang sistem otonom level 4 berbasis dari ADAS, di mana kegunaan dan keselamatannya akan diverifikasi oleh mass production dan peluncuran komersil," kata Woongjun Jang, Head of Autonomous Driving Center at Hyundai.

3 dari 4 Halaman

Kolaborasi

Hyundai IONIQ 5 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Hyundai berkolaborasi dengan Jin Mobility, sebuah startup yang mengoperasikan artificial intelligence (AI) pada platform car-hailing bernama i.M. Hal ini membuat Hyundai dan Jin Mobility sebagai pelopor pertama yang menjalankan servis taksi otonom di area Gangnam.

"Di mulai dari servis RoboRide bersama Hyundai Motor Group, kami berharap dapat memimpin kancah mobilitas di masa depan," ujar Lee Seong-Wook, CEO of Jin Mobility.

4 dari 4 Halaman

Servis akan dilakukan pada jam-jam tertentu. Hal ini dilakukan supaya Hyundai IONIQ 5 otonom tidak terlalu sering mengganggu pengguna jalan umum lainnya.

Konsumen hanya bisa melakukan servis mulai dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore, dan hanya bisa menampung 3 penumpang, lantaran di kursi pengemudi akan ada operator keselamatan.

Kedepannya, Hyundai mencoba untuk memperluas layanan untuk menjangkau publik lebih luas lagi.

BERI KOMENTAR