HOME » BERITA » HYUNDAI SIAPKAN SUV LAWAN BERAT TOYOTA LAND CRUISER, BENARKAH?

Hyundai Siapkan SUV Lawan Berat Toyota Land Cruiser, Benarkah?

Hyundai berencana siapkan penantang Toyota Land Cruiser, seperti apa ya?

Kamis, 23 Agustus 2018 20:50 Editor : Dini Arining Tyas
Hyundai Grandmaster Konsep by Motor1

OTOSIA.COM - Hyundai dikabarkan berencana memroduksi SUV besar yang akan menjadi penantang Toyota Land Cruiser. Model ini kabarnya akan selevel di atas Palisade 8-penumpang yang akan datang.

Melansir Motor1, model ini baru akan diluncurkan beberapa tahun lagi, jadi tak banyak bocoran tentang mesin. Hyundai juga kabarnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen penggila SUV besar, seperti di Australia, Timur Tengah, dan mungkin Amerika Serikat.

Menurut Australian Car Sales, SUV besar Hyundai ini akan berukuran lebih dari 5 meter, yang akan membuatnya lebih panjang daripada Land Cruiser yang memiliki panjang 4,95 meter. Sasi SUV baru ini juga belum jelas, apakah menggunakan milik Palisade atau tidak.

Begitu pula soal powertrain yang hingga kini masih misteri. Mengingat dimensinya, maka Hyundai sepertinya perlu memilih powerplant yang cukup kuat untuk menggerakkannya.

Pilihan yang memungkinkan adalah V6 twin-urbo 3.3L, 3,1L V6 dari Kia Stinger atau 5.0 V8 dari Genesis G90. Pilihan diesel mungkin tersedia di beberapa pasar, tergantung bidikan Hyundai ingin SUV-nya menjadi unggulan di negara mana.

Seperti diketahui, Land Cruiser di Amerika Serikat justru sedang tiarap. Mulai Januari - Juli 2018, Toyota hanya mampu membbukukan 1.712 unit di Amerika Serikat. Jumlah ini turun 13 unit jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara Palisade yang lebih kecil tapi masih gendut akan meluncur di Amerika Serikat untuk model tahun 2020. Model Palisade di desain kuat dan tangguh, serta jauh lebih tegak daripada Grandmaster konsep. Palisade ditenagai mesin V6 3.3L yang menghasilkan output 290 hp atau versi twin-turbo yang bertenaga 365 hp.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR